Perempuan Mulia itu Bernama Aisyah

Senin, 29 Oktober 2018 tokoh 392 klik
Hilmy Firdausy Teks:Hilmy Firdausy
Faza Grafis:Faza

Kontribusi Aisyah untuk Islam tidak perlu diragukan lagi. Sebagai salah seorang ummat al-mukminin, Aisyah adalah orang yang sangat paham kebiasaan dan cara berpikir Nabi. Selain itu, Aisyah juga masuk dalam golongan para sahabat yang banyak meriwayatkan hadis. Hadis-hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah kebanyakan adalah hadis terkait apa yang dilakukan Nabi di rumah, yang tidak bisa dilihat orang lain kecuali Aisyah.

Keutamaan dan kemuliaan Aisyah juga langsung dinyatakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis:

عن أبي موسى عن النبي ﷺ قال فضل عائشة على النساء كفضل الثريد على سائر الطعام

Keutamaan Aisyah dari perempuan-perempuan yang lain itu layaknya keutamaan bubur dibanding makanan-makanan yang lain. Nabi Muhammad menggunakan perumpaan bubur karena ia adalah makanan paling enak di masa itu. Kalau sekarang mungkin rendang atau sate. Dan Aisyah adalah sebaik-baiknya perempuan.

Nabi Muhammad, dalam sebuah hadisnya juga mengakui bahwa Aisyah merupakan salah satu faktor turunnya wahyu. Banyak ayat al-Qur’an yang turun kepada Nabi Muhammad SAW berkat Aisyah. Entah itu karena pertanyaan yang dia lontarkan, gagasan yang dia sampaikan dan seterusnya.

Seperti hadis berikut ini:

عن عائشة قالت قال رسول الله ﷺ يا أم سلمة لا تؤذيني في عائشة فإنه والله ما أتاني الوحي في لحاف امرأة منكن إلا هي

Nabi Muhammad bersabda, “wahai Ummu Salamah, janganlah kamu mencelaku tentang Aisyah. Demi Allah, wahyu tidak turun kepadaku dalam selimut perempuan di antara kalian kecuali Aisyah.

 

Dari kemuliaan yang lahir, baik dari kecerdasan, keluasan berpikir dan kebijaksanaannya itulah, Jibril As menyampaikan salamnya secara khusus untuk Aisyah. Salam yang dititipkannya kepada Nabi Muhammad itu disampaikan sendiri oleh sang suami;

عن عائشة قالت أوحي إلى النبي ﷺ وأنا معه فقمت فأجفت الباب فلما رفه عنه قال يا عائشة إن جبريل يقرئك السلام ﷺ

Itulah beberapa tanda keutamaan Aisyah; salah seorang ummahatul mukminin yang banyak berkontribusi untuk Islam khususnya dalam hal periwayatan hadis.[]