Kiai Gondong Nan Teduh itu Bernama Gus Muwafiq

Selasa, 10 Desember 2019 tokoh 235 klik
Hilmy Firdausy Teks:Hilmy Firdausy
Faza Grafis:Faza

Gus Muwafiq asli Lamongan, Jawa Timur. Pendidikan pertamanya beliau dapatkan dari sang ayah yang merupakan santri Kiai Faqih Langitan Tuban. Gus Muwafiq juga sempat nyantri di Pondok Pesantren Lirboyo Jawa Timur, salah satu pesantren salaf tertua di Indonesia. Gus Muwafiq juga pernah mondok dan menimba ilmu di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.

Selain menimba di pesantren-pesantren di Jawa Timur, Gus Muwafiq dikenal sering berkelana belajar kepada para Kiai. Beliau misalnya, mendapatkan sanad Kitab al-Hikam karya Ibn Atha’illah as-Sakandari dari seorang Kiai di Gresik yang merupakan murid langsung dari Kiai Masduqi Lasem.

Selain dikenal sebagai seorang santri dan seorang gus, Gus Muwafiq juga dikenal sebagai seorang aktivis ulung. Semenjak menuntaskan perkuliahan di Yogyakarta, beliau bergerak dan mengabdikan dirinya di PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). menurut pengakuan beberapa juniornya, “Kang Muwafiq” – begitu para junior memanggilnya – adalah guru sekaligus ideolog bagi hampir seluruh kader PMII di Yogyakarta.

Gus Muwafiq juga dikenal karena kedekatannya dengan Gus Dur. Atau bisa dikatakan, Gus Muwafiq adalah murid langsung Kiai Abdurrahman Wahid. Ketika masih muda, Gus Muwafiq seringkali menemani Gus Dur di setiap kesempatan yang ada.

Ceramah-ceramah Gus Muwafiq selalu khas. Selain karena rambutnya yang dibiarkan gondrong, Gus Muwafiq adalah tipikal kiai kampung yang mampu menjelaskan hal rumit dengan bahasa yang sangat mudah dan bisa dipahami masyarakat awam. Gus Muwafiq juga seorang kiai yang lucu. Pemahamannya akan sejarah dan silsilah menjadi kekuatannya tersendiri kala beliau menjelaskan sejarah sebuah tempat, tokoh, sebentuk tradisi dan lain-lain.

Kepakaran dan kualitas Gus Muwafiq diakui sendiri oleh Habib Lufti bin Yahya. Dalam sebuah kesempatan, Habib Lutfi pernah menyematkan sebutan “Mutiara NU” kepada Kiai berambut gondrong dan berwajah teduh tersebut.