Dua Orang yang Paling Nabi Cintai

Rabu, 24 Oktober 2018 tokoh 3202 klik
Hilmy Firdausy Teks:Hilmy Firdausy
Faza Grafis:Faza

Mencintai seseorang, apalagi ia punya kontribusi besar pada diri kita, tentu merupakan sesuatu yang lumrah. Hal yang sama juga dialami Nabi Muhammad SAW. Ada dua orang, yang diakui sendiri oleh Nabi Muhammad, sebagai orang yang paling dia cintai. Sebagaimana yang termaktub dalam hadis berikut ini:

عن عمرو بن العاص قال قلت يا رسول الله أي الناس أحب إليك قال عائشة قلت ليس من النساء قال أبوها

Suatu hari sahabat Amr bin al-‘Ash bertanya kepada Nabi, “wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling engkau cintai?” Nabi menjawab, “Aisyah” “jika bukan dari kalangan perempuan?” Nabi menjawab, “bapaknya [Abu Bakar al-Shiddiq]

Nabi Muhammad sangat mencintai Aisyah bukan tanpa alasan. Banyak sekali kelebihan dan keutamaan yang dimiliki Aisyah, yang secara tidak langsung membantu Nabi Muhammad dalam mengembangkan agama Islam. Kecerdasan, kebijaksanaan dan pengetahuan yang dimiliki Aisyah adalah beberapa hal yang membuat perempuan yang Nabi nikahi di usia muda ini begitu spesial.

Tak hanya itu. Aisyah juga menjadi alasan turunnya beberapa ayat al-Qur’an. Aisyah juga menjadi rujukan bagi perempuan-perempuan yang bertanya masalah-masalah keperempuanan yang tidak enak bila dijawab oleh Nabi Muhammad SAW. Aisyah juga menjadi rujukan para sahabat yang ingin mengetahui kebiasaan-kebiasaan dan tradisi Nabi Muhammad ketika ada di dalam rumah.

Ayahnya, Abu Bakar as-Shiddiq juga merupakan orang yang paling Nabi cintai. Dialah salah satu orang yang pertama kali masuk Islam. Sahabat yang dikenal karena wataknya yang halus dan baik ini juga orang pertama yang mempercayai isra’ dan mi’raj Nabi Muhammad. Abu Bakar juga merupakan orang yang selalu berada di sisi Nabi Muhammad ketika masa-masa sulit dakwah Islam di Mekkah. Abu Bakar juga merupakan satu-satunya orang yang berada di sisi Nabi ketika hijrah dan bersembunyi di sebuah gua.

Dari kenyataan itu, maka tak heran ketika dua orang bapak dan anak ini menjadi orang yang paling dicintai oleh Nabi Muhammad SAW.[]