Tujuh Langkah Cerdas Menjadi Orang Bahagia

Kamis, 21 November 2019 nasihat 139 klik
M. Khoirul Huda Teks:M. Khoirul Huda
Faza Grafis:Faza

Orang bahagia adalah orang yang di batinnya terdapat dinamika positif, yang batinnya memunculkan dorongan untuk meraih tujuan-tujuan positif, melakukan kegiatan positif terhadap diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitarnya. (“Suara dari Langit” K.H Agoes Al-Mayhuri hal.43)

Tujuh langkah cerdas menjadi orang bahagia :

1. Bebaskan hatimu dari kebencian

حدثنا ابواليمان اخبرنا شعيب عن الزهري قال : حدثنى انس بن مالك رضي الله عنه ان رسول الله صل الله عليه وسلم قال : لا تباغضوا ولا تحاسدوا ولا تدابروا وكونو عبادالله اخوانا ولا يحل لمسلم ان يهجر اخاه فوق ثلاثة ايام (متفق عليه)

“janganlah kalian saling membenci, saling mendengki, saling menghindar dan saling memutuskan silaturahmi. Jadilah kalian hamba Allah yang saling bersaudara. Tidaklah halah bagi seorang muslim mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari.” (mutafaq ‘alaih)

2. Bebaskan pikiranmu dari kekhawatiran

Untuk hidup yang berkah dan bahagia, maka kita harus membuang rasa gelisah dan kekhawatiran. Dan membebaskan pikiran dari kekhawatiran itu tak terpisahkan dari iman. Jika pikiran lepas dari belenggu kekhawatiran, maka hidup akan terasa lebih ringan dan kebahagiaan akan dia dapatkan.

3. Hiduplah sederhana

Hidup sederhana adalah sebuah sikap cerdas mengetahui mana keinginan dan mana kebutuhan. Ciri gaya hidup iini ialah adanya perasaaan puas dan cukup terhadap apa yang dibutuhkan bukan apa yang diinginkan. Demikian pula yang diajarkan Islam kepada kita untuk senantiasa bersikap qona’ah dan bersandar hanya kepada-Nya.

4. Jangan berharap terlalu banyak

Ibnu Al-Qayyim al-Jauziah berkata “orang yang mencintai dunia secara berlebihan tidak akan lepas dari tiga macam penderitaan: kekalutan pikiran yang selalu menyertaiya, kepayahan yang tiada henti dan penyesalan yang tiada akhir”.

5. Memberi kepada orang lainBarang siapa yang suka memberi tidak akan pernah kekurangan. Memberi dapat memperpanjang umur, meningkatkan kebugaran tubuh, dan meningkatkan usia harapan. Sehingga orang bijak bersemboyan jika anda ingin berhasil dan sukses, tempuhlah jalan dengan banyak memberi.

6. Isilah hidupmu dengan cinta

Isilah hidupmu dengan mencintai sesama. Barang siapa mampu mencintai orang lain dengan tulus dan benar, maka mendapat arus balik dicintai orang lain dengan tulus dan benar. Jangan mengharap dicintai orang lain dengan tulus dan benar jika kita tidak bisa mencintai orang lain dengan tulus dan benar.

7. Berbuat baiklah kepada orang lain

Janganlah kita meremehkan kebaikan sekkecil apapun yag dapat kita berikan kepada orang lain. Setiap kebaikan yang dilakukan pasti akan kembali lagi kepadanya. Jika seseorang menolong dia pasti akan ditolong, jika seseorang memaafkan dia pasti akan dimaafkan dan lain sebagainya. (“suara dari langit” K.H Agoes Ali Masyhuri hal. 49)