Semua Doa Pasti Dikabulkan oleh Allah SWT


Menurut Kiai Afifuddin Muhajir, seluruh doa yang dipanjatkan oleh seorang hamba kepada Allah SWT pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT. Jaminan ini dinyatakan sendiri oleh Allah SWT dalam salah satu firmannya, “ud’uni astajib lakum” (berdoalah kepadaku, niscaya akan aku kabulkan). Tentu saja kita yakin bahwasanya Allah SWT adalah Dzat yang tidak akan pernah mengingkari janjinya.

Namun, menurut Kiai Afif, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar doa-doa kita didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT:

  1. Segala hal yang berkaitan dengan diri seorang hamba yang berdoa haruslah berasal dari sesuatu yang halal thayib; makanan yang dia makan adalah makanan halal, minuman yang diminumnya halal, pakaian yang tengah dikenakannya halal dan tempat yang digunakannya untuk berdoa juga halal. Hal-hal yang haram tentu saja menjadi penghalang bagi terkabulnya doa seorang hamba.
  2. Doa harus dipanjatkan dengan khusyuk, penuh semangat, penuh kerendahan dan ketawadhu’an. Ini sama halnya ketika kita meminta sesuatu kepada orang tua kita. Kalau kita sungguh-sungguh, memperlihatkan bahwa kita betul-betul butuh dan sopan, merendahkan diri ketika meminta, maka pasti akan diberi. Lain halnya ketika kita minta dengan teriak-teriak, membusungkan dada dan dengan wajah yang sombong, pasti permintaannya akan ditolak.

Yang penting diperhatikan juga menurut Kiai Afif, seluruh doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT, tidak mesti akan dikabulkan sesuai dan persis dengan apa yang kita minta. Terkadang Allah SWT memberikan kita sesuatu yang tidak kita minta dan tidak memberikan apa yang jelas-jelas kita minta. Maka yakinlah, Allah SWT lebih mengetahui kebutuhan hambanya. Oleh karena itu, Allah SWT selalu memberikan sesuatu sesuai dengan kondisi dan situasi si hamba tersebut.

Jangan pernah merasa kecewa dan kecil hati, apalagi menuduh Allah SWT tidak mendengar doa-doa kita. Kita harus senantiasa optimis dan berbaik sangka kepada Allah SWT serta yakin bahwa doa kita pasti didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT.