Enam Hal yang Perlu Dibawa Kemanapun


Islam merupakan agama yang peduli pada kebersihan. Ada banyak dalil dalam Islam yang menekankan pentingnya hidup bersih, baik ketika berada di rumah ataupun masyarakat. Salah satu petuah yang sering kita dengar, “Kebersihan adalah sebagian dari keimanan”.

Bahkan kalau kita perhatikan beberapa ajaran dalam Islam bertujuan untuk membersihkan manusia. Misalnya, kewajiban wudhu sebelum shalat, anjuran mandi ketika shalat Jum’at dan shalat idul fitri ataupun idul adha, dan masih banyak lagi perintah atau anjuran yang bertujuan untuk membersihkan diri manusia.

Sebab itu, Syeikh Abdul Qadir al-Jailani dalam Ghunyatul Thalibin menegaskan bahwa seorang muslim disunnahkan untuk selalu membawa dan memperhatikan beberapa perkara ini, baik dalam kondisi perjalanan atau tidak. Beberapa hal yang perlu diperhatikan menurut Syeikh Abdul Qadir al-Jailani adalah menjaga kebersihan, berhias, membawa celak, sisir, sikat gigi, dan gunting atau alat cukur.

Beberapa hal ini menurut Syeikh Abdul Qadir perlu diperhatikan, terutama pada saat kita dalam perjalanan. Peralatan yang disebutkan di atas gunanya adalah untuk membersihkan dan agar kita terlihat rapi serta tidak menganggu kenyamanan orang lain.

Bayangkan, kalau kita tidak mandi, tidak gosok gigi, rambut dan jenggotnya tidak rapi, tentu ini akan berdampak buruk dan memberi ketidaknyamanan terhadap lingkungan sekitar. Karena muslim itu harus memberi kenyamanan, maka sudah seyogyanya kebersihan dan kerapian menjadi perhatian utama kita.[]