Zakat Fitrah, Sudah Tahu Berapa Kilo?


Zakat fitrah ialah zakat atas jiwa yang wajib dikeluarkan oleh setiap individu Muslim merdeka baik laik-laki maupun perempuan, kaya maupun miskin, anak-anak maupun dewasa dengan syarat mereka mendapati terbenamnya matahari pada akhir bulan Ramadan.

Adapun takaran yang harus dikeluarkan dalam zakat fitrah adalah satu sha’ makanan pokok setiap negara. Satu sha’ sama dengan empat mud. Sedangkan satu mud setara dengan 0,6 kg atau ¾ liter. Maka satu sha’ sekitar 2,5 Kg.

Kita sebagai orang yang tinggal di Indonesia yang makanan pokoknya nasi maka kita wajib mengeluarkan sekitar 2,5 kg beras per orang untuk menunaikan kewajiban zakat fitrah.

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ وَالذَّكَرِ وَالْأُنْثَى وَالصَّغِيرِ وَالْكَبِيرِ مِنْ الْمُسْلِمِينَ وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلَاةِ

“Dari Abdullah bin Umar yang berkata, “Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitri satu sha’ dari kurma atau sha’ dari gandum bagi setiap hamba sahaya (budak) maupun yang merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar dari kaum muslimin. Dan beliau memerintahkan agar menunaikannya sebelum orang-orang keluar shalat Idulfitri.”

Adapun waktu mengeluarkan zakat fitrah yaitu dari terbenamnya matahari pada hari terakhir bulan Ramadan sampai sebelum orang-orang menunaikan shalat Idulfitri. Wallahu a’lam. (Urwatul Wutsqo).