Yuk Mengenal Nabi dan Rasul ‘Ulul Azmi!


Assalamualaikum kaka admin, mau tanya dong. Nabi ulul azmi itu apa sih? Dan siapa saja? Jawab ya... terima kasih..

Dalam Surat al-Ahqaf ayat 35 Allah swt. menyebutkan istilah Nabi-Nabi ‘Ulul Azmi. Menurut para ulama’ ada lima orang Nabi yang termasuk ‘Ulul Azmi sebagaimana yang dimaksudkan oleh ayat tersebut. Yaitu Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa dan Nabi Muhammad saw.

Ulul Azmi adalah 5 Rasul yang dikenal sebagai utusan-utusan Allah yang sangat sabar dalam menghadapi ujian-ujian;

1. Nabi Nuh As.

Nabi Nuh adalah seorang Nabi yang menghabiskan usianya yang hampir 1000 tahun untuk mengajak umatnya menyembah Allah. Meskipun banyak pertentangan, Nabi Nuh tetap sabar dan konsisten.

2. Nabi Ibrahim As.

Pernah dibakar Raja Namrud karena menghancurkan berhala. Ujian Allah untuk menyembelih Ismail anaknya sendiri dihadapinya dengan sabar.

3. Nabi Musa As.

Konsisten mengajak umatnya untuk menyembah Allah swt. Menjadi musuh bebuyutan Raja Fir’aun. Tantangan-tantangan yang diberikan Fir’aun dihadapinya dengan sabar.

4. Nabi Isa As.

Mendapatkan pertentangan dari masyarakatnya sejak lahir. Dianggap sebagai anak zina dan lain sebagainya. Melalui beberapa mukjizat, Nabi Isa menghadapi pertentangan umatnya dengan sabar.

5. Nabi Muhammad SAW

Pernah diludahi, dilempari batu dan hampir dibunuh. Dikucilkan dan diusir dari tanah kelahirannya karena membawa Islam. Kesabaran Nabi Muhammad saw. dalam berdakwah sudah tidak patut dipertanyakan lagi.