Tujuh Najis yang Perlu Diperhatikan


Pertama, khamar atau minuman yang memabukkan. Allah SWT berfirman dalam surat al-Maidah ayat 90, “Sesungguhnya khamar, berjudi, berkorban untuk berhala, dan mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan keji”. Dalam hadis dijelaskan, “Setiap yang memabukkan adalah khamar dan setiap khamar adalah haram” (HR: Muslim).

Kedua, Anjing dan babi. Kedua hewan ini tidak diragukan lagi keharamannya.Tidak hanya itu, kalau benda ataupun anggota tubuh kena jilatan anjing dan babi harus dibasuh sebanyak tujuh kali, salah satu basuhannya harus menggunakan tanah (HR: Muslim).

Ketiga, Bangkai, yaitu setiap hewan yang tidak disembelih dengan cara yang sesuai dengan syariat. Allah berfirman, “Diharamkan bagi kalian mayat” (al-Maidah ayat 3).

Keempat, darah manusia ataupun binatang. Darah juga termasuk bagian dari benda najis.

Kelima, kotoran manusia dan hewan, baik hewan yang boleh dimakan ataupun hewan yang tidak boleh dimakan.

Keenam, anggota tubuh hewan yang terputus saat hidup. Misalkan, kaki kambing tidak boleh dimakan bila terputus sebelum disembelih. Dalam hadis riwayat Hakim disebutkan, “Setiap anggota tubuh hewan yang terpotong termasuk najis”

Ketujuh, susu hewan yang tidak boleh dimakan dagingnya, misalkan susu kucing, harimau, dan lain-lain. Hal ini beda dengan susu hewan yang boleh dimakan dagingnya, semisal susu kambing, sapi, dan lain-lain.