Tiga Tanda Utama Orang yang Alim

Kamis, 28 November 2019 konsultasi | 219 klik
Faza Grafis:Faza

Siapa sih orang alim itu? apa tanda-tandanya?

Di dalam kitab al-Adab al-Syar’iyyah, Ibn Muflih menukil sebuah perkataan dari Abu Hazim:

لا يكون العالم عالما حتى يكون فيه ثلاث خصال: لا يحقر من دونه في العلم ولا يحسد من فوقه ولا يأخذ دنيا

Menurut Abu Hazim, ada tiga tanda orang yang disebut alim;

Pertama, Orang alim tidak menghina orang yang lebih bodoh. Ilmu yang dimiliki seseorang yang betul-betul memilikinya selamanya akan melahirkan ketundukan dan kerendahan hati. Layaknya padi, semakin ia berisi, semakin ia merunduk dan merendah. Ilmu yang melahirkan kesombongan, apalagi digunakan untuk menghina orang yang dia anggap bodoh, adalah ilmu yang palsu dan bisa dipastikan pelakunya bukanlah orang alim.

Kedua, orang yang alim tidak akan memiliki rasa dengki orang yang lebih pintar. Perlu dibedakan makna antara hasad dan ghibtah. Iri atau cemburu ada yang baik dan ada yang buruk. Iri yang baik wajib dimiliki orang seorang pelajar. Karena ia akan memompa motivasi dan semangatnya dalam belajar. Nah dengki adalah sifat iri yang negatif, yang seyogyanya tidak dimiliki oleh seorang yang berilmu.

Ketiga, orang yang alim tidak memiliki tempat bagi dunia di hatinya. Dunia tidak mengisi niat dan bukan menjadi tujuannya. Tujuannya adalah ilmu sendiri dan ridho Allah SWT. Mereka yang belajar, mengklaim dirinya alim tapi memanfaatkan ilmunya demi mendapatkan harta dan tahta, sejatinya bukanlah orang alim yang sebenarnya.

Itulah tiga tanda utama orang alim menurut Abu Hazim, sebagaimana yang dikutip oleh Ibn Muflih dalam kitabnya.