Tanggal Lahir Rasulullah Menurut Kitab Tarikh dan Sirah


Salam, admin Harakah yang budiman. Saya ingin bertanya, benarkah terjadi perbedaan pendapat terkait tanggal kelahiran Nabi Saw? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Adanya perbedaan pendapat di antara para ulama terkait tanggal kelahiran Nabi Saw adalah benar. Dalam literatur kitab tarikh dan sirah dijumpai beberapa pendapat ulama terkait tanggal kelahiran Nabi Saw. Setidaknya dijumpai lima pendapat ulama terkait kelahiran Nabi Saw. Kelima pendapat tersebut sebagai berikut;

Pertama, Nabi Saw lahir pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal. Pendapat ini disampaikan oleh Imam Ibnu Ishaq dan ulama lainnya, sebagaimana disebutkan oleh Imam Ibnu Rajab dalam kitabnya Lathaiful Ma’arif. Pendapat ini kemudian menjadi pendapat yang diikuti kebanyakan ulama dan kaum Muslim.

Kedua, Nabi Saw lahir pada tanggal 2 bulan Rabiul Awal. Pendapat ini dikatakan oleh Imam Abdul Barr dalam kitab Al-Isti’ab.

Ketiga, Nabi Saw lahir pada tanggal 8 Rabiul Awal. Pendapat ini disebutkan oleh Imam Alhumaidi dari Imam Ibnu Hazam. Pendapat ini juga diiriwatkan oleh Imam Malik, Aqil, Yunus bin Yazid dan ulama lainnya dari Imam Azzuhri dari Jubair bin Muth’im.

Keempat, Nabi Saw lahir pada tanggal 10 Rabiul Awal. Pendapat ini dinukil oleh Ibnu Dihyah dan diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asakir dari Abu Ja’far Al-Baqir.

Kelima, Nabi Saw lahir pada tanggal 9 Rabiul Awal bertepatan dengan 20 April 571 M.

Dari lima pendapat ini dapat diketahui bahwa perbedaan di antara para ulama terletak pada tanggal kelahiran Nabi SAW. Adapun terkait hari dan bulan kelahiran Nabi Saw, para ulama sepakat bahwa beliau dilahirkan pada hari Senin bulan Rabiul Awal. Hal ini karena Nabi Saw pernah mengatakan sendiri bahwa beliau dilahirkan pada hari Senin.

Dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Qatadah Al-Anshari, dia bercerita bahwa suatu saat Nabi Saw ditanya mengenai puasa hari Senin. Kemudian beliau menjawab;

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ، وَيَوْمٌ بُعِثْتُ - أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيهِ

“Hari tersebut (Senin) adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.”

Demikian penjelasan terkait tanggal kelahiran Nabi Saw sebagaimana dijelaskan dalam kitab tarikh dan sirah. Semoga bermanfaat.