Surah-Surah yang Dinamai dengan Nama Nabi

Minggu, 23 September 2018 konsultasi | 9827 klik
Hilmy Firdausy Teks:Hilmy Firdausy
Vanny Rosa Grafis:Vanny Rosa

Salam admin, apa saja surah di dalam al-Qur’an yang diberi nama dengan nama Nabi?

Waalaikumsalam…

Sebelum pertanyaan itu dijawab mungkin ada baiknya memahami dulu secara ringkas sebab penamaan surah-surah di dalam al-Qur’an. Apakah ia wahyu yang langsung ditentukan oleh Allah SWT., atau ia adalah hasil ijtihad para sahabat?

Jumhur atau mayoritas ulama bersepakat bahwa penamaan surah-surah al-Qur’an adalah berasal dari Nabi Muhammad SAW., meskipun ada beberapa yang juga berpendapat bahwa hal itu merupakan hasil ijtihad para sahabat. Nama-nama surah, sedikit banyak akan menggambarkan isi sebuah surah al-Qur’an. Fungsinya seperti kata kunci, meskipun nanti memang banyak sekali ayat yang secara tampak tidak mengikuti alur kata kunci nama surahnya.

Beberapa surah di dalam al-Qur’an dinamai dengan nama Nabi. Ini karena isi atau kandungan ayat di dalamnya mayoritas berkisah tentang Nabi yang dijadikan nama surah. Berikut nama-nama surah al-Qur’an yang dinamai dengan nama Nabi:

1. Surah Yunus

Surah yang terletak di juz 11 ini mengisahkan perjuangan Nabi Yunus dalam menyebarkan agama Allah SWT dan menghadapi pertentangan kaumnya.

2. Surah Hud

Surah ini terletak pas setelah Surat Yunus. Menariknya, dalam Surah ini ada kisah mengenai percakapan Nabi Nuh dan puteranya yang tidak mau diajak menaiki kapal. Si putera dengan pongah menolak dan mengatakan akan menyelematkan diri ke gunung.

3. Surah Yusuf

Di dalam surah ini dikisahkan cerita Nabi Yusuf yang disengaja dibuang oleh saudara-saudaranya lalu ditemukan oleh saudagar yang menjadi jalan baginya menjadi raja di masa depan. Dalam surah ini juga ada cerita tentang kekuatan iman Nabi Yusuf ketika menolak ajakan seorang perempuan cantic, kaya dan berderajat tinggi.

4. Surah Ibrahim

Dalam surah ini disuguhkan doa Nabi Ibrahim yang meminta kepada Allah SWT untuk menyuburkan tanah sebuah negeri, memberkahinya dan agar melindungi keturunannya dari menyembah berhala.

5. Surah Thoha

Thoha adalah nama lain dari Nabi Muhammad SAW.

6. Surah Yasin

Yasin juga merupakan nama lain dari Nabi Muhammad SAW.

7. Surah Muhammad

Surah ini berisi perintah-perintah Allah SWT dan beberapa nasehat kepada Nabi Muhammad dalam menghadapi pertentangan kaumnya.

8. Surah Nuh

Dalam surah ini dikisahkan bagaimana perjuangan Nabi Nuh menyadarkan kaumnya. “Wahai Tuhanku, aku sudah mengajak kaumku di malam dan pagi hari selama bertahun-tahun, tapi mereka tetap saja menyeleweng. Dan setiap aku mengajak mereka ke jalanMU, mereka selalu menutupi telinga dengan jari-jarinya”.

Itulah nama-nama surah yang diberi nama dengan nama-nama Nabi. Ada banyak sekali kisah, pesan dan nilai-nilai berharga yang bisa kita gali dari surah-surah tersebut.[]