Surah al-Qur’an yang Dinamai dengan Nama Hewan


Assalamualaikum. Mau nanya dong, Surah apa saja sih di dalam al-Qur’an yang dinamai dengan nama hewan? Makasih…

Waalaikumsalam Wr. Wrb…

Jumhur atau mayoritas ulama bersepakat bahwa penamaan surah-surah al-Qur’an adalah berasal dari Nabi Muhammad SAW., meskipun ada beberapa yang juga berpendapat bahwa hal itu merupakan hasil ijtihad para sahabat. Nama-nama surah, sedikit banyak akan menggambarkan isi sebuah surah al-Qur’an. Fungsinya seperti kata kunci, meskipun nanti memang banyak sekali ayat yang secara tampak tidak mengikuti alur kata kunci nama surahnya.

Beberapa surah di dalam al-Qur’an dinamai dengan nama hewan. Ini karena isi atau kandungan ayat di dalamnya ada kisah yang melibatkan hewan. Berikut nama-nama surah al-Qur’an yang dinamai dengan nama hewan:

1. Surat al-Baqarah

Artinya surah sapi betina. Dinamakan demikian karena di dalamnya berisi sebuah kisah tentang Bani Israil yang terus-terusan bertanya soal sapi kepada Nabi Musa AS. Surah ini terdiri dari 286 ayat dan terbentang dari juz 1 sampai pertengahan juz 3. Surah ini termasuk Surah madaniyah.

2. Surat An Nahl

Artinya surah lebah. Dinamakan demikian karena di dalamnya terdapat ayat ketika Allah SWT mewahyukan kepada lebah tentang cara membuat sarang dan lokasinya. Surah yang terletak di juz 14 ini termasuk Surah Makkiyah. Terdiri dari 128 ayat.

3. Surat an Naml

Artinya surah semut. Dinamakan demikian karena di dalamnya terdapat kisah gerombolan semut yang dipaksa masuk sarang oleh ratunya ketika Nabi Sulaiman dan pasukannya hendak lewat di sebuah jalan. Nabi Sulaiman yang mengetahui hal itu hanya tersenyum. Surah ini termasuk Surah Makkiyah dan terletak di juz 19. Ia terdiri dari 93 ayat.

4. Surat Ankabut

Artinya surah laba-laba. Dinamakan demikian karena di dalamnya terdapat ayat yang mengungkapkan perumpamaan para penyembah berhala dengan laba-laba yang terlalu percaya pada kekuatan sarangnya. Termasuk Surah Makkiyah, surah ini merupakan surah ke 29 dan terletak di juz 20. Terdiri dari 69 ayat.

5. Surat al-Fiil

Artinya surah gajah. Dinamakan demikian karena kalimat terakhir dalam ayat pertamanya adalah “al-fiil”. Surah ini adalah surah ke 105 dan terletak di juz 30. Surah yang tergolong Surah Makkiyah ini berisi 5 ayat.

Itulah nama-nama surah di dalam al-Qur’an yang dinamai dengan nama hewan. Manusia, hewan dan tumbuhan selalu menyimpan ajaran kehidupan dan faidah kemanfaatan. Banyak sekali ayat di mana Allah SWT menggunakan hewan sebagai sumber pengetahuan dan perumpamaan-perumpamaan lain.[]