Simak Beberapa Gejala Hadis Lemah Berikut Ini!


Assalamualaikum Harakah Islamiyah… saya mau bertanya. Sekarang kan banyak sekali hadis-hadis yang lemah bertebaran. Apa sih tanda-tanda sebuah hadis dikatakan dhaif?

Waalaikumsalam Bapak/Ibu, Mbak/Mas yang kami hormati. Berikut penjelasannya…

Benar sekali kalau akhir-akhir ini kita seringkali mendapati banyak sekali pendakwah atau ustadz yang menyampaikan hadis-hadis Nabi. Dan pastinya, sebagai umat Islam dan umat Nabi Muhammad, kita harus tahu beberapa ketentuan khusus sebelum benar-benar menerima sebuah hadis dan menyampaikannya kepada orang lain. Karena kalau tidak, maka kita termasuk orang-orang yang akan dianggap menyebarkan hoax, ketika hadis yang kita sampaikan ternyata adalah hadis palsu atau lemah sekali.

Di dalam ilmu hadis dasar, ada lima tanda hadis dha’if yang harus kita waspadai dan perhatikan betul:

1. Sanadnya terputus dan tidak tersambung kepada Nabi Muhammad SAW. Terputusnya sanad menandakan bahwa jalur periwayatan sebuah hadis tidak bisa dipertanggungjawabkan dan tidak mendapatkan jaminan keasliannya.

2. Si perawi hadis adalah orang yang fasik, gampang melakukan hal-hal yang maksiat dan dilarang dalam syariat serta tidak menjaga harga dirinya dengan baik.

3. Si perawi hadis memiliki hafalah yang lemah sehingga banyak sekali hal yang mereka lupakan. Baik lupa hadis yang dia dengar dari gurunya, atau lupa nama-nama perawi yang menjadi rantai periwayatan hadis yang diterimanya. Hafalan yang lemah akan membuat hadis banyak sekali mengalami perubahan.

4. Secara konten, sebuah hadis yang bertentangan dengan hadis lain yang sahih biasanya adalah hadis dha’if. Tentunya, hadis yang memiliki kandungan yang berbeda dengan hadis yang lebih berkualitas, tidak bisa dijadikan sumber hukum,

5. Sebuah hadis menyimpan illat atau cacat samar yang terkandung, baik dalam sanad ataupun matannya.

Inilah 5 tanda dan indikasi hadis dhaif yang harus kita waspadai bersama.