Panduan  Praktis Sujud Syukur

Senin, 31 Desember 2018 konsultasi | 303 klik
Juriyanto Teks:Juriyanto
Vanny Rosa Grafis:Vanny Rosa

Ketika kita mendapat nikmat tak terduga dari Allah SWT, atau selamat dari bencana dan musibah yang hendak menimpa, maka kita dianjurkan untuk melakukan sujud syukur. Ini dilakukan sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia yang diberikan-Nya kepada kita.

Adapun cara melakukan sujud syukur sebagai berikut;

Pertama, suci dari hadas besar dan kecil, dan juga dari najis.

Kedua, menutup seluruh aurat dan menghadap kiblat.

Ketiga, melakukan takbir dengan niat sebagai berikut;

نَوَيْتُ سُجُوْدَ الشُّكْرِ سُنَةَ للهِ تَعَالَى

Nawaitu sujudas syukri sunnatan lillahi ta’ala

“Saya niat melakukan sujud syukur sunnah karena Allah Ta’ala.”

Keempat, sujud satu kali dengan membaca doa berikut;

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَا رَكَ اللهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ.

Sajada wajhi lillazi kholaqahu washowwarahu wasyaqqa sam’ahu wabashorahu bi haulihi wa quwwatihi fatabaarakallaahu ahsanul kholiqina.

“Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah SWT sebaik-baik pencipta.”

Kelima, kemudian duduk serta mengucapkan salam ke arah kanan dan kiri sebagaimana salam dalam shalat.

Jika terdapat hal-hal yang menyebabkan kita dianjurkan melakukan sujud syukur, namun kita tidak dalam keadaan sibuk atau lainnya, maka kita dianjurkan mengganti sujud syukur tersebut dengan membaca zikir berikut sebanyak 4 kali;

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلاَ اِلَهَ اِلاَّ للهُ وَاللهُ اَكْبَرَ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ اْلعَظِيْمِ

Subhanallahi walhamdulillahi wa lailaha illallahu wallaahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil adzim.

“Maha suci Allah, segala puji bagi-Nya, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Agung.” (Muhammad Juriyanto)