Menghitung Mahar Nabi Untuk Sayyidah Maimunah

Kamis, 9 Januari 2020 konsultasi | 235 klik
Hilmy Firdausy Teks:Hilmy Firdausy
Faza Grafis:Faza

Selama hidupnya, Nabi Muhammad Saw memiliki 11 istri. Menurut pendapat yang lain, Nabi menikahi 12 istri. Mereka itu adalah Sayyidah Khadijah, Sayyidah Aisyah, Saudah, Hafshah, Zainab, Ummu Salamah Hindun, Zainab, Juwairiyah al-Harits, Habibah Ramlah, Shafiyyah, Mariyah al-Qibtiyyah dan Maimunah. Perbedaan pendapat mengenai jumlah istri Rasulullah ini dikarenakan perbedaan mengenai status Mariyah al-Qibtiyyah, apakah ia budak Nabi atau istri Nabi.

Namun kali ini kita akan membahas seputar mahar Nabi kala menikahi istri-istrinya. Data ini akan menunjukkan sebetapa Nabi menghargai posisi dan status seorang perempuan. Apa yang hendak dibahas juga akan menjadi bahan pertimbangan di tengah kebiasaan kaum milenial hari ini menikah dengan menggunakan mahar berupa hafalan, bukan harta.

Mahar Nabi untuk Sayyidah Maimunah binti al-Haris

Maimunah adalah saudara perempuan Ummul Fadhl Lubabah Al-Kubra binti Al-Harits Al-Hilaliyyah yang menjadi istri Al-Abbas. Sebelum Nabi menggantinya dengan Maimunah, namanya adalah Barrah. Pernikahan Nabi dan Maimunah terjadi setelah ia bercerita kepada Lubabah ketertarikannya kepada Rasulullah. Al-Abbas, suami Lubabah kemudian menyampaikan kepada Nabi, dan turunlah jawaban pada Q.S. Al-Ahzab ayat 50. Rasulullah menikahi Maimunah pada Bulan Dzulqa’dah tahun 7 Hijriah pada saat Umrah Qadlo’. Beliau menikah dengan memberikan mahar sejumlah 400 dirham dan Al-‘Abbas yang menjadi wali dari Maimunah. Pada tahun 61 atau 63 Hijriah, Maimunah wafat di Saraf dan masih terkenal hingga saat ini.

400 dirham mahar pemberian Nabi untuk Sayyidah Maimunah setara dengan 40 dinar. Satu dinar setara dengan 4.25 gram emas hari ini. Maka, dengan kisaran harga emas murni yang mencapai 745.000 per gram hari ini, hitungan konversi mahar Nabi adalah: 745.000 x 4.25 x 40 = 126.650.000,-

Itulah perkiraan jumlah mahar yang diberikan Nabi kepada Sayyidah Maimunah. Wallahua’lam…