Mengenal Hadis Mutawatir


Salam Kang Admin, saya mau tanya seluk beluk soal Hadis Mutawatir dong. Mohon penjelasannya ya..
 

Waalaikumsalam

Hadis mutawatir merupakan salah satu ragam hadis yang terjamin dan memiliki kualitas dibanding jenis hadis lainnya. Artinya, hadis yang mutawatir sudah bisa dipastikan datang dan diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW. Tidak ada lagi keraguan di dalamnya.

Mutawatir artinya berturut-turut atau beruntut. Para ulama menyepakati bahwa Hadis Mutawatir adalah sejenis riwayat yang disampaikan oleh banyak orang dalam tiap tingkatannya. Meskipun ada perbedaan soal jumlah perawinya; ada yang bilang harus 10 perawi di setiap tingkatan, 20 rawi, 30 atau bahkan 40 rawi. Intinya, jumlah perawi yang banyak ini menutup kemungkinan sebuah periwayatan dimanipulasi dan dibikin-bikin.

Karena kualitas dan jaminan seperti ini, posisi hadis mutawatir sebagai sumber hukum Islam setara dengan al-Qur’an yang memiliki kualitas dan jaminan yang sama. Maka hadis-hadis mutawatir menjadi sumber pokok yang menjadi lahan penggalian hukum-hukum Islam, atau bahkan hal-hal lainnya terkait dengan doktrin keislaman.

Secara umum, ulama membedakan dua jenis hadis mutawatir: mutawatir lafdzi dan mutawatir maknawi. Hadis mutawatir lafdzi adalah hadis yang lafadz dan maknya benar-benar datang dari Nabi Muhammad SAW, tanpa adanya tambahan atau pengurangan sedikitpun. Sedangkan hadis mutawatir maknawi memiliki perbedaan redaksi, namun mengandung isi dan kandungan yang sama.

Darimana kita bisa mengakses hadis-hadis mutawatir? Ada banyak kitab. Beberapa di antaranya yang terkenal adalah: 1) al-Azhar al-Mutanatsirah fil Akhbaril Mutawatirah karya Imam as-Suyuti dan 2) Nadzmul Mutanatsir minal Hadis al-Mutawatir karya Imam al-Kattani. Dua kitab ini memuat hadis-hadis yang mutawatir, dan pastinya bisa diamalkan dan digunakan sebagai dasar hukum Islam.[]