Mengenal Hadis Masyhur


Salam Kang Admin, saya mau tanya seluk beluk soal Hadis Masyhur dong. Mohon penjelasannya ya…

Waalaikumsalam. Berikut penjelasannya…

Hadis Masyhur merupakan salah satu rumpun di bawah Hadis Ahad. Hadis Masyhur, Hadis Aziz dan Hadis Gharib adalah jenis hadis yang dilihat dari segi jumlah perawinya. Seluruhnya diriwayatkan oleh sejumlah perawi yang tidak mencapai syarat jumlah perawi dalam Hadis Mutawatir.

Hadis Masyhur artinya hadis yang terkenal. Dalam Mustahalahul Hadis, Hadis Masyhur adalah hadis yang diriwayatkan oleh 3 orang rawi atau lebih, namun tidak mencapai syarat jumlah rawi dalam Hadis Mutawatir. Meskipun terkenal dan dihafal oleh banyak orang, jenis Hadis Masyhur masih belum terjamin keasliannya sebagaimana Hadis Mutawatir. Artinya, masih ada kemungkinan, hadis yang selama dikenal dan dihafal oleh banyak orang, ternyata merupakan hadis yang lemah dan lain sebagainya.

Hadis Masyhur juga bermacam-macam. Ada hadis yang masyhur atau terkenal di kalangan ulama ushul fiqih, ada hadis yang terkenal di kalangan ulama tafsir, ada hadis yang terkenal di kalangan ulama fiqih, ada hadis yang terkenal di kalangan ulama hadis sendiri, ada hadis yang terkenal di kalangan ulama bahasa dan seterusnya.

Bagaimana dengan hukum mengamalkan Hadis Masyhur? Karena belum ada jaminan keaslian yang terkandung di dalamnya, maka mengamalkan Hadis Masyhur harus didahului oleh sebuah penelitian dan memastikan bahwa hadis tersebut benar-benar sahih dan absah digunakan sebagai dasar hukum. Meskipun terkenal tapi hadisnya lemah, ya tetap tidak boleh digunakan.

Banyak sekali kitab yang bisa diakses untuk mengetahui Hadis-Hadis Masyhur. Di antaranya: al-Maqashid al-Hasanah fima-syatahara alal Alsinah karya Imam as-Sakhowi, Tamyizut Thayyib minal Khabis fima Yaduru ala Alsinatin Nass minal Hadis karya Imam as-Syaibani dan lain-lain.[]