Mengenal Hadis Gharib


Salam Kang Admin, mau tanya seluk beluk soal Hadis Gharib ya. Mohon penjelasannya. Terima kasih…

Waalaikumsalam. Berikut penjelasannya…

Hadis Gharib merupakan salah satu rumpun di bawah Hadis Ahad. Hadis Masyhur, Hadis Aziz dan Hadis Gharib adalah jenis hadis yang dilihat dari segi jumlah perawinya. Seluruhnya diriwayatkan oleh sejumlah perawi yang tidak mencapai syarat jumlah perawi dalam Hadis Mutawatir.

Kata Gharib sendiri bermakna asing atau sendiri. Hadis Gharib adalah sejenis hadis yang diriwayatkan oleh satu orang di keseluruhan tingkat periwayatannya, di sebagian atau hanya di salah satu tingkat saja. Ini ciri atau tanda yang membedakan Hadis Gharib dari Hadis Masyhur dan Hadis Aziz.

Dalam Musthalahul Hadis, Hadis Gharib dibagi menjadi dua macam; 1) Gharib Muthlaq, yaitu ketika sebuah hadis diriwayatkan oleh satu orang sahabat. 2) Gharib Nisbi, yaitu ketika ke”gharib”an hadisnya berada di tingkat periwayatan selain thabaqat Sahabat.

Para ulama juga membagi-bagi beberapa jenis Hadis Gharib lainnya. Ada Hadis yang Gharib karena hanya diriwayatkan oleh satu perawi tsiqah. Ada hadis yang Gharib karena diriwayatkan oleh satu orang tertentu ke orang tertentu lainnya. Ada juga hadis yang Gharib karena hanya diriwayatkan oleh satu penduduk sebuah wilayah ke penduduk lainnya. Artinya, Hadis Gharib juga bisa dimaknai sebagai hadis yang diriwayatkan secara spesifik.

Ada beberapa kitab yang bisa dipakai untuk mencari Hadis Gharib, antara lain: Ghara’ibu Malik karya Imam ad-Daruquthni, as-Sunan Allati Tafarrada Bikulli Sunnatin Minha Ahlu Baldah karya Imam as-Sijistani dan kitab lainnya.[]