Mengenal Hadis Aziz


Salam Kang Admin, mau tanya seluk beluk soal Hadis Aziz ya. Mohon penjelasannya. Terima kasih…

Waalaikumsalam. Berikut penjelasannya…

Hadis Aziz merupakan salah satu rumpun di bawah Hadis Ahad. Hadis Masyhur, Hadis Aziz dan Hadis Gharib adalah jenis hadis yang dilihat dari segi jumlah perawinya. Seluruhnya diriwayatkan oleh sejumlah perawi yang tidak mencapai syarat jumlah perawi dalam Hadis Mutawatir.

Kata Aziz sendiri berasal dari kata ‘azza ya’izzu, yang artinya sedikit atau jarang. Secara terminologi, Hadis Aziz adalah hadis yang diriwayatkan oleh setidaknya dua orang dalam tiap thabaqat (tingkatan) periwayatan. Ini berbeda dengan syarat Hadis Masyhur, yang meniscayakan adanya tiga orang atau lebih dalam tiap tingkat periwayatannya.

Dengan begitu, Hadis Aziz mensyaratkan setidaknya ada dua perawi dalam sebuah tingkat periwayatan dan tidak kurang dari itu. Ketika dalam sebuah tingkat periwayatan hanya terdapat satu perawi, maka hadis tersebut digolongkan ke dalam Hadis Gharib, bukan Hadis Aziz.

Bagaimana jika di salah satu tingkat periwayatan terdapat tiga orang rawi? Tidak masalah selama tingkat periwayatan lainnya diisi oleh dua orang.

Contoh Hadis Aziz adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari berikut ini:

لايؤمن أحدكم حتى أكون أحب إليه من والده وولده والناس أجمعين...

Apakah ada kitab khusus yang berisi Hadis-Hadis Aziz? Sejauh ini belum ditemukan satu kitab khusus yang berisi hadis tersebut. Hal ini dikarenakan keberadaan Hadis Aziz yang sangat sedikit dan jarang.