MENANAM POHON... MENANAM PAHALA!

Jumat, 9 Maret 2018 konsultasi | 2021 klik

Apa sih manfaat menanam pohon?

Indonesia dikenal sebagai sebuah bangsa yang dianugerahi kekayaan alam yang luar biasa. Laut, gunung, danau, sungai dan daratan yang subur adalah beberapa potensi yang diberikan Allah kepada bangsa kita. Maka sebagai bentuk tanggung jawab terhadap apa yang telah diberikan Allah, maka sudah menjadi kewajiban rakyat Indonesia untuk menjaga dan merawat alam yang makmur ini.

Selain itu, potensi alam yang sangat luar biasa ini bisa dimanfaatkan sebagai jaminan kehidupan rakyatnya. Tanah yang subur bisa ditanamai tumbuhan yang bisa dikonsumsi, baik itu buah ataupun sayur-sayuran. Gerakan menanam pohon, terutama yang berbuah, selain berdampak positif pada lingkungan dan udara sekitar, juga bisa menjadi wasilah si penanamnya untuk mendapatkan pahala.

Nabi Muhammad saw bersabda:
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيمَةٌ إِلَّا كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌَ
Diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik, “Tidaklah seorang muslim yang bercocok tanam atau menanam satu tanaman lalu ia dimakan oleh burung, manusia atau hewan lainnya, melainkan itu menjadi shadaqah baginya.”

Maka Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin tidak hanya memperhatikan manusia, tapi juga seluruh sektor kehidupan yang mendukung kehidupan manusia. Maka dalam Islam, gerakan-gerakan penghijauan dan pelestarian alam semesta, sangat dianjurkan dan diberi nilai pahala yang tidak kalah besar dengan pahala ibadah ritual seperti shalat, puasa dan haji.