Mahar Nabi Untuk Sayyidah Khadijah

Kamis, 9 Januari 2020 konsultasi | 103 klik
Faza Grafis:Faza

Selama hidupnya, Nabi Muhammad Saw memiliki 11 istri. Menurut pendapat yang lain, Nabi menikahi 1 istri. Mereka itu adalah Sayyidah Khadijah, Sayyidah Aisyah, Saudah, Hafshah, Zainab, Ummu Salamah Hindun, Zainab, Juwairiyah al-Harits, Habibah Ramlah, Shafiyyah, Mariyah al-Qibtiyyah dan Maimunah. Perbedaan pendapat mengenai jumlah istri Rasulullah ini dikarenakan perbedaan mengenai status Mariyah al-Qibtiyyah, apakah ia budak Nabi atau istri Nabi.

Namun kali ini kita akan membahas seputar mahar Nabi kala menikahi istri-istrinya. Data ini akan menunjukkan sebetapa Nabi menghargai posisi dan status seorang perempuan. Apa yang hendak dibahas juga akan menjadi bahan pertimbangan di tengah kebiasaan kaum milenial hari ini menikah dengan menggunakan mahar berupa hafalan, bukan harta.

Mahar Nabi untuk Sayyidah Khadijah

Siti Khadijah adalah satu-satunya wanita yang menajdi istri Nabi jauh sebelum Nabi diangkat menjadi rasul. Khadijah merupakan saudagar kaya raya yang darinya barang dagang Nabi Muhammad didapatkan. Nabi Muhammad menikah dengan Khadijah dalam usia 25 tahun. Sedangkan Khadijah sendiri berusia 40 tahun dan berstatus sebagai janda. Sebelumnya Khadijah menikah dengan dua orang pria terpandang dalam masyarakat Arab, yaitu ‘Atiq bin ‘Aid bin ‘Abdullah al-Makhzumiy dan Abu Halah Hindun bin Zararah At-Tamimiy. Berkat sahabat Khadijah bernama Nafisah, keduanya kemudian melangsungkan akad nikah dengan mahar dua puluh bakrah (dalam pendapat lain disebutkan 12 auqiyah).

Kecintaan Nabi Muhammad kepada Khadijah terlihat dari sikap, dan cara beliau memperlakukannya. Dalam sebuah hadits diceritakan bahwa pada saat Nabi menyembelih seekor kambing, beliau mmebagi-bagikan kepada kerabat dan sahabat Khadijah sehingga membuat Sayyidah ‘Aisyah. Khadijah adalah cinta pertama Nabi yang mencurahkan segala harta, raga, dan jiwa untuk kepentingan Nabi. Dalam sebuah riwayat disebutkan “Allah tidak memberi kepadaku pengganti istreri yang lebih baik dari dia (Khadijah r.a.). Ia beriman kepadaku di kala semua orang mengingkari kenabianku. Ia membenarkan kenabianku di kala semua orang mendustakan diriku. Ia menyantuni diriku dengan hartanya di kala semua orang tidak mau menolongku. Melalui dia Allah menganugerahi anak kepadaku, tidak dari istri yang lain.” Dari beliau juga Allah mengkaruniakan 6 orang anak yang tidak diberikan kepada istri-istri yang lain. Khadijah wafat di Makkah pada bulan Ramadhan tahun 10 kenabian dalam usia 65 tahun dan dimakamkan di Al-Hujun.

Dilansir beberapa media, harga unta di tahun 2019 berkisar di harga 15 ribu sampai 60 ribu pounds atau setara dengan 12 hingga 50 juta rupiah. Dalam literatur-literatur sirah, disebutkan bahwa jenis unta yang diberikan Rasulullah sebagai mahar untuk Khadijah adalah jenis unta berkualitas. Anggap saja kita letakkan harga 50 juta per unta. Kalau total unta yang diberikan 20 ekor, maka mahar Nabi kepada Khadijah hari ini setara dengan nominal Rp 1.000.000.000,-