Jeda Waktu Antara Azan dan Iqamah

Sabtu, 8 Desember 2018 konsultasi | 674 klik
Juriyanto Teks:Juriyanto
Faza Grafis:Faza

Salam, admin Harakah yang budiman. Saya ingin bertanya, lebih baik mana antara langsung melaksanakan shalat setelah azan atau menunggu beberapa saat terlebih dahulu? Jika harus menunggu terlebih dahulu, seberapa lama waktunya? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Jika kita menjadi imam shalat di sebuah masjid, maka kita dianjurkan untuk tidak langsung melaksanakan shalat setelah azan. Kita dianjurkan untuk menunggu beberapa saat terlebih dahulu hingga makmum sudah diperkirakan hadir semua untuk melaksanakan shalat berjemaah. 

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa sebelum Bilal melakukan iqamah, Nabi Saw menyuruhnya untuk memberi keleluasaan kepada jemaah untuk menuntaskan hajat mereka masing-masing. Sekiranya mereka telah selesai, maka Nabi Saw menyuruh Bilal untuk iqamah. Nabi Saw bersabda;

يَا بِلاَل اِجْعَلْ بَيْنَ أَذَانكَ وَإِقَامَتِكَ نَفْساً، يَفْرُغُ الآكلُ مِنْ طَعَامِهِ فِيْ مَهْلٍ، وَيَقْضِي اْلمُتَوَضِّئُ حَاجَتَهُ فِيْ مَهْلٍ

“Wahai Bilal, berilah jeda waktu antara azan dan iqamahmu, agar yang sedang makan bisa menyelesaikan makannya, dan yang sedang wudu bisa menyelesaikan segala hajatnya.” (HR. Ahmad)

Melalui hadis ini, para ulama sepakat bahwa memberi jeda waktu antara azan dan iqamah lebih baik dibanding langsung melaksanakan shalat. Hanya saja mereka berbeda pendapat terkait berapa lama ukuran jeda waktu yang dibutuhkan antara azan dan iqamah tersebut.

Menurut ulama Syafi’iyah, ukuran lama jeda waktunya kira-kira dalam waktu tersebut jamaah bisa berkumpul untuk salat berjamaah. Sementara itu, ulama Hanabilah mengatakan, jeda waktu antara azan dan iqamah seukuran melakukan wudhu dan shalat dua rakaat. Jika dalam waktu tersebut melakukan wudhu dan shalat dua rakaat sudah dinilai cukup, maka batas lama jeda waktu antara azan dan iqamah sudah cukup.

Adapun menurut Imam Abu Hanifah, dalam shalat subuh ukurannya kira-kira selesai membaca 20 ayat. Shalat Zuhur seukuran shalat 4 rakaat dan tiap rakaat membaca 10 ayat. Shalat Asar seukuran salat 2 rakaat dan tiap rakaat membaca 10 ayat. Shalat Magrib seukuran membaca 3 ayat, dan shalat Isya’ seperti ukuran shalat Zuhur.

Demikian penjelasan terkait ukuran jeda waktu antara azan dan iqamah. Semoga bermanfaat.