Ini Lima Shalat Sunnah yang Dianjurkan Berjemaah


Salam, admin harakah yang terhormat, apa saja shalat sunnah yang dianjurkan tidak berjemaah mengerjakannya?

Shalat ada dua macam: shalat wajib dan shalat sunnah. Shalat wajib berati shalat lima waktu yang wajib mengerjakannya bagi orang yang sudah mencukupi persyaratan. Sementara shalat sunnah adalah shalat yang dianjurkan mengerjakannya, serta tidak berdosa bila meninggalkannya.

Shalat sunnah ada banyak kategori. Ada yang disunnahkan berjemaah dan ada juga tidak tidak dianjurkan berjemaah.

Di antara shalat sunnah yang dianjurkan berjemaah adalah sebagai berikut:

Pertama, shalat hari raya, baik hari raya idul fitri ataupun idul adha. Mengerjakan shalat ini dianjurkan berjemaah sebagai bentuk atau simbol dari syiar Islam.

Kedua, shalat gerhana, baik shalat gerhana matahari (kusuf) ataupun gerhana bulan (khusuf).  Hukum mengerjakan shalat ini adalah sunnah muakkad.

Ketiga, shalat istisqa’, yaitu shalat minta hujan. Di saat kemarau melanda dan hujan tidak turun-turun dianjurkan untuk mengerjakan shalat istiqa’ dengan tujuan untuk meminta doa kepada Allah agar hujan diturunkan.

Keempat, shalat tarawih, yaitu shalat sunnah yang dikerjakan selama bulan Ramadhan. Shalat tarawih sangat dianjurkan mengerjakannya dan merupakan bagian dari mendirikan malam Ramadhan.

Kelima, shalat tasbih, yaitu shalat yang dikerjakan sebanyak empat rakaat dan satu salam dan dibolehkan juga empat rakaat dengan dua salam.