Ini Lho Surah Terpanjang dan Terpendek dalam al-Qur’an

Jumat, 21 September 2018 konsultasi | 14547 klik
Hilmy Firdausy Teks:Hilmy Firdausy
Vanny Rosa Grafis:Vanny Rosa

Assalamualaikum Admin, saya ingin tahu surat yang paling panjang dan paling pendek dalam al-Qur’an. Mohon penjelasannya…

Waalaikumsalam Bapak/Ibu…

Al-Qur’an, secara matematis memang sangat menakjubkan. Dan mungkin mukjizat al-Qur’an, salah satunya, terpampang melalui fenomena angka-angka dan ukuran matematis lainnya. Dan kali ini kami akan menjelaskan secara ringkas surah terpanjang di dalam al-Qur’an dan surah terpendek.

1. Surah terpanjang di dalam al-Qur’an adalah Surah al-Baqarah.

Dinamakan Surah al-Baqarah karena di dalamnya berisi sebuah kisah tentang Bani Israil yang terus-terusan bertanya soal sapi kepada Nabi Musa AS. Di dalamnya juga ada kisah Nabi Adam AS serta nilai-nilai penting lainnya yang meliputi hukum, akhlak dan aqidah. Surah ini terdiri dari 286 ayat, 6121 kalimat dan 25500 huruf, yang terbentang dari juz 1 sampai pertengahan juz 3. Secara umum, surah ini termasuk surah madaniyah.

2. Surah terpendek di dalam al-Qur;an adalah Surah al-Kautsar

Dinamakan Surah al-Kaustar karena kalimat terakhir di ayat pertama surah ini ada kalimat “al-Kautsar”. Terdiri dari 3 ayat, 10 kalimat dan 42 huruf. Surah ini terletak di juz 30 dan digolongkan sebagai surah Makkiyah. Surah al-Kautsar turun setelah Surah al-Aadiyat.

Itulah dua surah terpanjang dan terpendak dalam al-Qur’an serta profil lengkap masing-masing dari keduanya. Soal panjang dan pendek memang relatif. Bagi mereka yang sudah sangat intens dengan al-Qur’an, membaca al-Qur’an sudah menjadi kebutuhan hariannya, maka ratusan ayat pun terasa sangat pendek. Begitu juga sebaiknya. Bagi mereka yang masih belajar al-Qur’an, surah yang hanya terdiri dari 3 ayat pun terasa sangat panjang.

Terlepas dari itu semua, semoga kita semua mendapatkan berkah al-Qur’an…