Ini Kriteria Mampu Qurban


Salam, admin harakah yang terhormat, apa standar atau kriteria mampu qurban dalam Islam?

Ulama berbeda pendapat terkait hukum qurban. Ada yang memahami qurban adalah wajib, dan adapula yang mengatakan sunnah. Baik ulama yang mengatakan qurban wajib ataupun sunnah, menyepakati bahwa qurban dibebankan kepada orang mampu. Sementara orang yang tidak mampu dan tidak memiliki harta tidak dianjurkan untuk qurban.

Pertanyaannya, apa kriteria mampu dan siapa yang disebut mampu di sini? Menurut Darul Ifta, sebuah lembaga fatwa Mesir, kriteria mampu qurban adalah orang yang memiliki kelebihan harta pada hari idul adha dan hari tasyrik. Artinya, dia memiliki harta selama empat hari tersebut, hari idul adha dan tiga hari tasyrik.

Kelebihan harta di sini maksudnya adalah dia masih memiliki harta lebih untuk qurban tanpa mengurangi belanja keluarganya dan dirinya sendiri. Artinya, dengan mengeluarkan sejumlah uang untuk qurban, dia masih mampu menanggung kebutuhan makan dan pakaian keluarganya dan dirinya sendiri.

Dengan demikian, bagi orang yang memiliki sejumlah uang untuk berqurban dianjurkan baginya berqurban. Karena selain mendapat pahala, qurban merupakan ajang untuk berbagi dengan sesama, serta sebagai simbol keislaman.[]