Ingin IPHONE 11, Ngapain sih Disholawatin ?

Selasa, 10 Desember 2019 konsultasi | 582 klik
Faza Grafis:Faza

Benarkah shalawat bisa cepat menyebabkan terkabulnya hajat?

Pengen mobil BMW? Pengen kaya? Pengen rezeki lancar? Sholawatin aja...

Benar gak sih meniatkan sholawat untuk meraih perkara duniawi itu merendahkan nilai sholawat? Atau emang gak boleh? Atau gini deh yang lebih umum "patut gak sih atau tercela gak kalau mengharap perkara dunia dengan wasilah amalan akhirat?" Ada gak sih tuntunan kayak gitu dari para sahabat?

Ok mari kita telaah bersama....

Sebetulnya mengharap dunia dengan wasilah amalan akhirat itu tidak mutlak salah dan tercela pelakunya karena faktanya dalam hadist-hadist nabi banyak ditemukan do'a-do'a atau amalan yang isinya meminta kelapangan rezeki , dimudahkan urusan duniawi, atau ada iming-iming imbalan dunia.

Sholat dhuha saja sebagai misal dalam sebuah hadist qudsi dikatakan :

عن نعيم بن همار، قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: "يقول الله عز وجل: يا ابن آدم، لا تعجزني من أربع ركعات في أول نهارك، أكفك آخره" رواه أبو داود والترمذي وأحمد.

Dari Nuaim bin Hammar dia berkata; saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Allah ‘azza wajalla berfirman; Wahai anak Adam, janganlah kamu meninggalkan-Ku (karena tidak mengerjakan) empat raka’at pada permulaan siang (dhuha), niscaya aku akan mencukupi kebutuhanmu di sore hari.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad)

Bahkan yang lebih gamblang lagi dalam kitab shohihnya ibnu hibban membuat bab khusus yang judulnya "Perintah kepada hamba untuk meminta Allah agar mencukupi utangnya dan mengangkat kemiskinannya", di bab itu beliau menukil sebuah hadist berikut :

عن أبي هريرة قال جاءت فاطمة إلى رسول الله ﷺ تسأله خادما فقال لها قولي اللهم رب السماوات السبع ورب العرش العظيم ربنا ورب كل شيء أنت الظاهر فليس فوقك شيء وأنت الباطن فليس دونك شيء منزل التوراة والإنجيل والفرقان فالق الحب والنوى أعوذ بك من شر كل شيء أنت آخذ بناصيته أنت الأول فليس قبلك شيء وأنت الآخر فليس بعدك شيء اقض عنا الدين واغننا من الفقر

Dari Abu Hurairah berkata: "Suatu ketika Fathimah datang ke Rasulullah ﷺ meminta supaya dikasih pekerja untuk membantu urusan rumah tangganya lalu Rasulullah ﷺ berkata : Bacalah do'a ini

اللهم رب السماوات السبع ورب العرش العظيم ربنا ورب كل شيء أنت الظاهر فليس فوقك شيء وأنت الباطن فليس دونك شيء منزل التوراة والإنجيل والفرقان فالق الحب والنوى أعوذ بك من شر كل شيء أنت آخذ بناصيته أنت الأول فليس قبلك شيء وأنت الآخر فليس بعدك شيء اقض عنا الدين واغننا من الفقر.

Juga satu lagi yang lebih jelas dalam sunan abi daud dikisahkan sebagai berikut :

دخل رسول الله ﷺ المسجد ذات يوم، فإذا برجل من الأنصار يقال له أبو أمامة، فقال: يا أبا أمامة مالي أراك جالساً في المسجد في غير وقت الصلاة؟ قال: هموم لزمتني وديون يا رسول الله، فقال: أفلا أعلمك كلاماً إذا قلته أذهب الله همك وقضى عنك دينك؟ قلت: بلى يا رسول الله، قال: قل إذا أصبحت وإذا أمسيت: اللهم إني أعوذ بك من الهم والحزن، وأعوذ بك من العجز والكسل، وأعوذ بك من الجبن والبخل، وأعوذ بك من غلبة الدين وقهر الرجال. قال: فقلت ذلك، فأذهب الله تعالى همي وغمي وقضى ديني.

Suatu ketika Rasul ﷺ masuk masjid dan melihat ada seorang sahabat bernama abu umamah yang terlihat kesusahan, beliau bertanya : "Kamu kenapa kok di masjid padahal belum waktu sholat ?" Dijawab: "Saya lagi susah Nabi, utang saya banyak", "Mau gak aku ajari do'a kalau kamu baca tiap pagi dan sore maka akan hilang kesusahanmu dan terbayar utangmu" tanya Nabi. "Mau," jawab sahabat itu, lalu nabi mengajarkan :

اللهم إني أعوذ بك من الهم والحزن، وأعوذ بك من العجز والكسل، وأعوذ بك من الجبن والبخل، وأعوذ بك من غلبة الدين وقهر الرجال. قال: فقلت ذلك، فأذهب الله تعالى همي وغمي وقضى ديني

Nah, coba simpulkan sendiri dari beberapa hadits di atas, Rasulullah pun saat ada umatnya pengen perkara dunia beliau tidak bilang, "kerjalah yang rajin, atau usaha kek" tapi malahan beliau kasih amalan, ibadah, do'a yang intinya minta kemudahan duniawi.

Lalu apakah perbuatan Rasul itu dianggap "merendahkan derajat do'a atau amalan akhirat?", tentu tidak kan....

Lalu timbul pertanyaan: "Tapi kan ada ayat dan hadist yang berisi peringatan bagi mereka yang menjadikan dunia sebagai tujuan gimana dong?"

Gini bro, di agama islam ada kaidah begini "kalau ada dua dalil yang saling bertentangan maka mencari titik temu sehingga keduanya bisa diamalkan itu lebih baik daripada dipakai salah satu dan yang lainnya dibuang"

Lalu kaitannya dengan pembahasan ini sebenarnya dua kutub dalil itu bisa dicari titik temu jika dipahami sebagai berikut :

Celaan yang disebutkan dalam ayat dan hadist bagi orang yang mengharap dunia itu berlaku bagi orang yang menjadikan amalan akhirat untuk mengharap hajat duniawi semata tanpa ada niat akhir berorientasi akhirat, adapun jika menjadikan amalan akhirat untuk mengharap duniawi yang mana perkara dunia itu diniatkan sebagai wasilah untuk tujuan akherat maka tidak tercela.

Contohnya kalau kita berdo'a "Ya Allah, mudahkan lah rezekiku agar aku bisa bersedekah lebih banyak" Atau "Ya Allah karuniakan aku IPHONE 11 agar aku bisa eksis menyebar kebaikan di media sosial", nah kalau gitu boleh-boleh saja.

Lalu kaitannya dengan sholawat sebenarnya ada lho dasarnya dalam hadist yang menyebutkan kalau banyak-banyak sholawat itu jadi washilah dicukupi hajat dunia dan akherat :

عَنِ الطُّفَيْلِ بْنِ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ : قَالَ رَجُلٌ : يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَرَأَيْتَ إِنْ جَعَلْتُ صَلَاتِي كُلَّهَا عَلَيْكَ ؟ قَالَ : " إِذَنْ يَكْفِيَكَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى مَا أَهَمَّكَ مِنْ دُنْيَاكَ وَآخِرَتِكَ ".

Dari Ubay bin Ka'ab berkata: "Ada seorang lelaki bertanya pada Nabi: "Ya Rasulallah bagaimana pendapat anda kalau dzikir saya semua isinya sholawat ?" Rasul menjawab: "Maka Allah akan mencukupi semua keinginan dunia dan akheratmu" (HR. Ahmad dan dishohihkan oleh Hakim)

Jadi ada dalilnya kan ? 😁😁

Penulis: _Akhumum, Muhammad Salim Kholili (Alumni Universitas Islam Madinah, Mahasiswa Pascasarjana IIUM Malaysia)_