Ingin Berkurban, Lakukan Empat Syarat Ini

Jumat, 9 Agustus 2019 konsultasi | 77 klik
Juriyanto Teks:Juriyanto
Faza Grafis:Faza

Salam admin Harakah yang budiman. Saya ingin bertanya tentang syarat-syarat melakukan ibadah kurban. Mohon penjelasannya apa saja. Terima kasih.

Sebagaimana ibadah yang lain, ibadah kurban memiliki syarat-syarat tertentu yang harus dilakukan dan dipenuhi agar ibadah kurban tersebut menjadi ibadah yang sah menurut syariat. Disebutkan dalam kitab Al-Mufashal fi Ahkamil Udhiyah, bahwa ada empat syarat sah ibadah kurban.

Pertama, hewan yang dijadikan kurban harus dari jenis hewan ternak atau dalam Al-Quran disebut dengan an’am. Ada tiga jenis hewan ternak, yaitu unta, sapi, kambing atau domba. Hal ini berdasarkan surah Al-Hajj ayat 34, Allah berfirman;

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ

Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak.

Selain ketiga jenis hewan tersebut, maka tidak boleh dijadikan hewan kurban. Misalnya, ayam, kelinci, dan lainnya.

Kedua, usia hewan kurban telah mencapai usia minimal yang telah ditentukan oleh syariat. Unta minimal berumur 5 tahun dan telah masuk tahun ke-6. Sapi minimal berumur 2 tahun dan telah masuk tahun ke-3. Kambing jenis domba usia 1 tahun, atau minimal berumur 6 bulan bagi yang sulit mendapatkan domba yang berumur 1 tahun. Adapun untuk kambing biasa, maka minimal berumur 1 tahun dan telah masuk tahun ke-2.Ketiga, hewan kurban harus bersih dari cacat dan aib yang dapat mengurangi kualitas hewan kurban tersebut. Menurut ulama, ada empat cacat dan aib yang tidak membolehkan hewan dijadikan kurban, yaitu buta yang jelas, pincang yan jelas, sakit yang jelas,  dan sangat kurus.

Keempat, penyembelihan hewan kurban harus dilakukan pada hari-hari dibolehkan menyembelih hewan kurban. Adapun hari-hari menyembelih hewan kurban ialah setelah salat Idul Adha pada tangal 10 Dzulhijjah, dan tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Demikian empat syarat sah ibadah kurban. Keempat syarat tersebut harus terpenuhi jika kita hendak melakukan ibadah kurban. Jika ada salah satu dari empat syarat tersebut tidak terpenuhi, maka ibadah kurbannya dinilai tidak sah. (Jurianto).