Huruf Hijaiyah dan Keunikan Surah al-Qur’an


Assalamualaikum Harakah Islamiyah. Mau tanya dong, tapi agak aneh dikit hehe. Bisa tolong dikasih info dong seputar keunikan al-Qur’an dari segi huruf-huruf hijaiyah yang terkandung di dalamnya. Makasih Harakah…

Wassalamualaikum…

Al-Qur’an memang tidak henti-hentinya membuat mata kita terbelalak kaget. Ada banyak sekali keajaiban dan keunikan di dalam al-Qur’an, yang sepintas tidak akan mampu kita nalar dan kita jelaskan. Tapi keunikan-keunikan ini tentu saja merupakan bukti kemukjizatan al-Qur’an dan juga bukti bahwa al-Qur’an bukan ditulis oleh manusia yang memiliki keterbatasan.

Ada beberapa hal yang kami temukan seputar keunikan al-Qur’an dari segi huruf-huruf hijaiyah yang terkandung di dalamnya. Berikut penjelasannya:

  1. Surah yang semua ayatnya diakhiri huruf sin adalah Surah An-Naas
  2. Surah yang semua ayatnya diakhiri huruf dal adalah Surah al-Ikhlas
  3. Surah yang semua ayatnya diakhiri huruf ra’ adalah Surah al-‘Ashr dan al-Kautsar
  4. Surah yang tidak mengandung huruf ra’ adalah Surah al-Ikhlas
  5. Surah yang tidak mengandung huruf mim adalah Surah al-Kautsar

Tidak percaya? Silahkan saja langsung mengeceknya di dalam al-Qur’an. Sembari mengecek apakah keunikan-keunikan tersebut benar adanya, ada baiknya dicek sambal membaca ya? Agar di samping kita mendapat pengetahuan, kita juga mendapatkah pahala membaca al-Qur’an.

Itulah keunikan-keunikah huruf hijaiyah dalam surah-surah al-Qur’an yang harus kalian ketahui. Semoga informasi ini bisa menambah keimanan kita dan mendorong kita untuk lebih rajin membaca al-Qur’an ya gaess…