Hukum Mengamalkan Yasin Fadhilah

Senin, 29 Oktober 2018 konsultasi | 1286 klik
Juriyanto Teks:Juriyanto
Vanny Rosa Grafis:Vanny Rosa

Salam. Admin Harakah yang budiman. Saya ingin bertanya tentang makna surah Yasin Fadhilah dan hukum mengamalkannya. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Yasin Fadhilah adalah istilah untuk menyebut surah Yasin yang di antara ayat-ayatnya disisipi doa-doa tertentu. Doa-doa di antara ayat-ayat ini hanya tambahan dari para ulama, bukan bagian dari ayat-ayat Al-Quran.

Secara umum, membaca surah Yasin Fadhilah diperbolehkan, bahkan disunnahkan. Tidak ada larangan dalam syariat untuk membaca Yasin Fadhilah mengingat kandungan di dalamnya berisi ayat Al-Quran, zikir dan doa-doa. Membaca zikir dan kalimat doa-doa di antara ayat-ayat surah Yasin atau surah lainnya hukumnya sunnah. Sebab hal ini pernah dilakukan Nabi Saw. sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut;

عَنْ حُذَيْفَةَ أَنَّهُ صَلَّى إِلَى جَنْبِ النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً فَقَرَأَ فَكَانَ إِذَا مَرَّ بِآيَةِ عَذَابٍ وَقَفَ وَتَعَوَّذَ وَإِذَا مَرَّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ وَقَفَ فَدَعَا وَكَانَ يَقُولُ فِى رُكُوعِهِ: سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ. وَفِى سُجُودِهِ: سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى

“Diriwayatkan dari sahabat Hudzaifah ra. bahwa dia melakukan shalat malam di samping Rasulullah Saw. Kemudian beliau membaca surah ketika sampai pada ayat yang menerangkan azab, beliau berhenti dan meminta perlindungan dan ketika sampai pada ayat yang menerangkan rahmat beliau berhenti dan berdoa meminta rahmat, ketika rukuk beliau membaca ‘Subhana rabbiyal ‘adzimi,’ dan ketika sujud beliau membaca ‘Subhana rabbiyal a’la.” (HR. Nasa’i).

Di daerah tertentu, biasanya surah ini dibaca setiap malam Jumat dengan diniati untuk mendapatkan hajat tertentu atau terhindar dari musibah, seperti sihir dan lainnya. Praktek seperti ini dibolehkan selama niatnya baik, bukan untuk tujuan maksiat atau mencelakakan orang lain (Jurianto).