Hukum Berhijab Hanya Di Bulan Ramadhan


Assalamualaikum Wr. Wb. Ustadz, saya punya pertanyaan. Boleh gak sih, kita berhijab hanya saat bulan Ramadan? Terima kasih. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Bagi muslimah, hendaknya ia senantiasa berhijab syar’i. Baik di bulan Ramadan maupun di luar Ramadan. Yaitu menutup seluruh bagian tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangannya. Tidak menyingkapnya, tidak menonjolkan lekuk tubuh, tidak memakai pakaian tipis dan mencolok sehingga menimbulkan fitnah maupun nafsu bagi yang melihatnya.

Bulan Ramadan merupakan bulan taubat, bulan ampunan, dan kembali kepada Allah SWT. Bulan dibukanya kembali lembaran baru sebagai awal pijakan berbuat kebaikan untuk menempuh jalan kepada Allah serta meraih keridaan-Nya.

Oleh karena itu, bagi setiap muslim yang diberi nikmat oleh Allah untuk taat dan menjalankan perintah-Nya di bulan Ramadan, hendaknya dia meneruskan kebaikan-kebaikan tersebut setelah selesainya bulan Ramadan. Karena sebagai tanda diterimanya kebaikan adalah senantiasa melaksanakan kebaikan tersebut setelah melakukannya (Azkiatuttahiyah).