Enam Kunci Sukses Belajar. No 5 dan 6 Seringkali Dilupakan!


Min admin... apa sih kunci sukses belajar, nyari ilmu menurut para ulama?

Syeikh al-Zarnuji dalam Kitabnya Ta’limul Muta’allim menjelaskan bahwa ada 6 syarat utama yang harus dipersiapkan seorang pelajar sebelum memulai perjalanan keilmuannya;

Cerdas. Dalam artian seorang pelajar mesti memiliki potensi akal yang mumpuni guna menyerap ilmu yang diberikan seorang guru. Ketiadaan potensi akal semacam ini tentu akan menjadi kesulitan tersendiri bagi seseorang yang sedang menempuh proses pembelajaran, sebaliknya, kecerdasan seorang pelajar akan mempercepat proses penyerapan ilmu, baik dari penjelasan guru yang dia dengarkan maupun buku yang dia baca.

Semangat. Semangat seorang pelajar untuk mencari ilmu menumbuhkan sikap bersungguh-sungguh dalam belajar. Tidak adanya semangat menjadi sebab utama seorang pelajar malas dan tidak memiliki target dalam proses belajarnya.

Sabar. Kesabaran dibutuhkan seorang pelajar karena ilmu pengetahuan tidak datang begitu saja. Ada proses panjang dan susah yang harus ditempuh, sehingga kesabaran seorang pelajar sangat menentukan akhir dari proses belajarnya.

Punya Biaya. Rihlah, buku dan mencari guru tentu butuh biaya. Seorang pelajar juga mesti menyiapkan bekal pembiayaan guna memenuhi segala kebutuhannya terkait proses belajar yang akan dilakoninya.

Berguru. Guru berfungsi untuk mengarahkan seorang pelajar kepada pemahaman yang benar terkait suatu ilmu pengetahuan. Guru juga menjadi contoh yang akurat bagaimana ilmu tersebut diwujudkan dalam tingkah laku dan praktek keseharian. Belajar tanpa guru bisa menyebabkan seorang pelajar tersesat, baik dalam memahami maupun mengamalkan ilmu yang diperolehnya.

Jangka Waktu yang Lama. Mendapatkan ilmu tidaklah instan dan bisa ditempuh dalam jangka waktu yang sebentar. Pergumulan seorang pelajar dengan guru dan materi yang dipelajarinya harus ditempuh dalam jangka waktu yang panjang sehingga dia mampu mencerna secara utuh ilmu yang dipelajarinya tersebut. Oleh karena itu, ketersediaan waktu yang panjang merupakan salah faktor yang menentukan bagi kesuksesan belajar seseorang.