Empat Keutamaan Membaca Surah al Mulk


Salam, admin Harakah yang budiman. Tolong jelaskan terkait keutaman-keutamaan surah Al-Mulka atau Tabarak. Karena surah ini sering dibaca setelah surah Yasin saat diadakan tahlilan untuk jenazah. Terima kasih.

Surah Al-Mulk atau Tabarak merupakan surah awal dari juz 29. Surah ini digolongkan sebagai surah munjiyat atau penyelemat, selain surah Yasin, Al-Kahfi, Al-Sajdah, Al-Rahman, Al-Waqi’ah dan Al-Fath. Berdasarkan beberapa riwayat, setidaknya ada empat keutamaan dari surah Al-Mulk ini.

Pertama, dapat memberikan syafaat dan ampunan pada orang yang membacanya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Saw berikut;

سُوْرَةٌ مِنَ اْلقُرْأن، ثَلَاثُوْنَ اَيَةً؛ تَشْفَعُ لِصَاحِبِهَا حَتَّى يُغْفَرَ لَهُ: تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ اْلمُلْكُ

“Ada surah dari Al-Quran yang terdiri dari 30 ayat. Surah tersebut dapat memberikan syafaat bagi pemiliknya (orang yang banyak membacanya) sehingga ia diampuni dosanya, yaitu surah Tabarokallazii bi yadihil mulk.” (HR. Abu Dawud).

Kedua, menjadi pembela pada orang yang membacanya di akhirat hingga ia masuk surga. Nabi Saw bersbda;

سُوْرَةٌ مِنَ اْلقُرْآنِ، مَا هِيَ إِلاَّ ثَلاَثُوْنَ آيةً، خَاصَمَتْ عَنْ صَاحِبِهَا حَتَّى أَدْخَلَتْهُ اْلجَنَّةَ، وَ هِيَ تَبَارَكَ

“Ada surah dari Al-Quran, ia tidak terdiri kecuali hanya 30 ayat. Surah tersebut dapat membela pemiliknya (orang yang banyak membacanya) sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: surah Tabarak.” (HR. Thabrani).

Ketiga, menjadi penghalang dari siksa kubur. Dari Abdullah bin Mas’ud, dia bekata;

مَنْ قَرَأَ تَبَارَكَ الذِّيْ بِيَدِهِ المُلْكُ كُلَّ لَيْلَةٍ مَنَعَهُ اللهُ بِهَا مِنْ عَذَابِ اْلقَبْرِ وَكُنَّا فِيْ عَهْدِ رَسُوْلِ الله صلى الله عليه و سلم نُسَمِّيْهَا اْلمَانِعَةَ وَإِنَّهاَ فِيْ كِتَابِ اللهُ سُوْرَةٌ مَنْ قَرَأَ بِهَا فِيْ كُلِّ لَيْلَةٍ فَقَدْ أَكْثَرَ وَأَطَابَ

“Barangsiapa membaca surah “Tabarokallazi bi yadihil mulk” setiap malam, maka Allah menghalanginya sebab surah tersebut dari siksa kubur, dan dahulu kami di zaman Rasulullah Saw menamainya dengan al-Mani’ah (penghalang). Sungguh surah tersebut bagian dari kitabullah, barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan.” (HR. Nasai).

Keempat, termasuk surah yang dibaca oleh Nabi setiap menjelang tidur. Dari Jabir, dia berkata;

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ لاَ يَنَامُ حَتَّى يَقْرَأَ الم تَنْزِيلُ وَ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ

“Sesungguhnya Nabi Saw tidak tidur hingga beliau membaca surah alif lam mim tanzil (surah Al-Sajdah) dan Tabarokallazi bi yadihil mulk.” (HR. Tirmidzi).

Demikian keutamaan-keutamaan dari surah Al-Mulk sehingga tidak heran jika surah ini termasuk surah yang sering dibaca setelah surah Yasin saat tahlilan. Hal ini karena salah satu keutamaan surah ini adalah menghalangi pembacanya atau jenazah orang yang dihadiahkan pahala surah ini akan terhalangi dari siksa kubur. Semoga bermanfaat.