Bolehkah Wanita Berpergian Tanpa Mahramnya?


Salam, admin Harakah yang terhormat, saya pernah membaca hadis yang menyatakan bahwa wanita dilarang berpergian sendirian tanpa ditemani mahramnya. Bagaimana cara memahami hadis tersebut?

Jika kita membaca kitab-kitab hadis, memang ada hadis yang menyatakan terkait larangan bagi wanita untuk berpergian sendirian tanpa ditemani mahramnya. Hadis tersebut antara lain diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

لاَ تُسَافِرِ امْرَأَةٌ إِلاَّ وَمَعَهَا ذُو مَحْرَمٍ

Janganlah seorang perempuan berpergian kecuali bersama mahramnya. (HR. Ahmad).       

Namun, hadis ini tidak bisa dipahami apa adanya. Karena Jika melihat situasi zaman sekarang, tentu pesan hadis ini akan sulit diterapkan. Dalam kitab Kaifa Nata’amal Ma’a al-Sunnah al-Nabawiyyah, al-Qaradhawi mengatakan bahwa hadis tersebut diucapkan oleh Nabi Saw. pada saat situasi jazirah Arab masih rawan. Di mana seseorang yang hendak berpergian mesti melewati gurun pasir dengan mengendarai unta atau keledai. Situasi gurun pasir pada saat itu sangatlah gersang dan sepi dari kehidupan. Hal ini, tentu akan sangat membahayakan bagi perempuan jika pergi  sendirian. Oleh karena itu, sangatlah wajar jika Nabi saw melarang seorang perempuan untuk berpergian kecuali ditemani mahramnya.

Akan tetapi, keadaannya berbeda dengan zaman sekarang, di mana perempuan yang hendak berpergian bisa menggunakan kendaraan semisal pesawat terbang dan jenis kendaraan lainnya yang di dalamnya terdapat seratus penumpang bahkan lebih. Sehingga, tidak ada lagi yang layak dikhawatirkan menyangkut keamanan perempuan sekalipun ia berpergian tanpa ditemani mahramnya. Pendek kata, situasi keamanan zaman sekarang jauh lebih terjamin ketimbang situasi gurun pasir di Jazirah Arab pada masa Nabi Saw.

Oleh karenanya, dapat disimpulkan bahwa pesan hadis tersebut mesti dipahami secara situasional dan tidak bisa diterapkan begitu saja pada zaman sekarang. Demikianlah penjelasan singkat tentang cara memahami hadis larangan berpergian bagi wanita tanpa mahramnya. (Mujiburrahman)