Apa yang Dilakukan Saat Melihat Orang Sakratul Maut?


Salam, admin harakah yang terhormat, saya kebingungan dan takut melihat orang yang sakratul maut. Kalau dalam Islam, apa yang harus dilakukan? Terima kasih

Setiap orang pasti akan mengalami kematian. Cepat atau lambat kematian pasti akan mendatangi setiap orang. Seluruh manusia, tua atau muda dan laki-laki atau perempuan, akan mati bila ajalnya sudah datang. Urusan kematian hanyalah Tuhan yang tahu. Tidak ada satupun manusia yang mengetahui kepastian kapan dirinya akan meninggal.

Sudah menjadi kewajiban seorang muslim untuk mengurusi jenazah muslim, mulai dari memandikan sampai menguburkan. Tidak hanya itu, sebelum meninggal pun kita dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan agar orang tersebut mati dalam kondisi husnul khatimah.

Ketika melihat orang yang sakit dan kita merasakan orang tersebut sedang berada dalam kondisi sakratul maut, ada tiga hal yang disunnahkan untuk melakukan:

Pertama, menghadapkan wajah orang yang sakratul maut ke arah kiblat, kalau sulit dan tidak mungkin, arahkan wajahnya sedikit ke arah kiblat. Kalau tidak bisa, tidak usah dipaksakan.

Kedua, disunnahkan melafalkan pelan-pelan kalimat tauhid atau “La Ilaha Illallah” . Tujuan dari melafalkan kalimat tauhid agar orang yang bersangkutan bisa mengingat dan mengulanginya.

Ketiga, disunnahkan bagi orang yang ada di sisinya untuk membaca surat Yasin.

Demikianlah tiga hal yang dianjurkan saat melihat saudara kita mengalami sakratul maut. Semoga kita semua meninggal dalam keadaan husnul khatimah.