Anjuran Menyiram Kuburan Setelah Selesai Pemakaman

Rabu, 26 Desember 2018 konsultasi | 4847 klik
Juriyanto Teks:Juriyanto
Faza Grafis:Faza

Salam, admin Harakah yang budiman. Saya ingin bertanya, adakah anjuran menyiram kuburan setelah jenazah selesai dikuburkan? Mohon penjelasaanya. Terima kasih.

Menyiram kuburan dengan air setelah jenazah dikuburkan adalah sunnah. Disebutkan bahwa Nabi Saw menyiram kuburan Ibrahim, putra beliau, sesaat setelah selesai dikuburkan.

أَنّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَشَّ عَلَى قَبْرِ إِبْرَاهِيمِ ابْنِهِ وَوَضَعَ عَلَيْهِ حَصْبَاءَ

“Sesungguhnya Nabi Saw menyiram di atas kuburan Ibrahim, putra beliau, dan meletakkan kerikil di atas kuburannya.” (HR. Imam Syafii dan Al-Baihaqi).

Syaikh Nawawi Al-Jawi mengatakan dalam kitab Nihayatuz Zain, air yang digunakan untuk menyiram kuburan dianjurkan yang dingin dan dicampur dengan sedikit bunga mawar. Hal ini dimaksudkan agar kuburan menjadi dingin dan karena malaikat suka pada aroma yang wangi. Beliau berkata;

وَيُنْدَبُ رَشُّ الْقَبْرِ بِمَاءٍ باَرِدٍ تَفاَؤُلاً بِبُرُوْدَةِ الْمَضْجِعِ وَلاَ بَأْسَ بِقَلِيْلٍ مِنْ مَّاءِ الْوَرْدِ ِلأَنَّ الْمَلاَ ئِكَةَ تُحِبُّ الرَّائِحَةَ الطِّيْبِ

Disunnahkan untuk menyiram kuburan dengan air yang dingin dengan harapan agar tempat tidur (kuburan) menjadi dingin dan juga tidak apa-apa menyiram kuburan dengan air mawar meskipun sedikit, karena malaikat senang pada aroma yang wangi.

Anjuran ini juga diterangkan oleh Imam Al-Bajuri dalam kitab Hasyiyatul Bajuri berikut;

ويندب أن يرش القبر بماء والأولى أن يكون طاهرا باردا لأنه صلى الله عليه وسلم فعله بقبرولده إبراهم

Disunnahkan menyiram kuburan dengan air. Yang lebih utama dengan air suci dan dingin. Hal demikian karena pernah dilakukan Nabi Saw terhadap pusara putranya, Ibrahim.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa menyiram kuburan setelah jenazah dikuburkan termasuk sunnah Nabi Saw. Karena itu, setelah jenazah selesai dikuburkan, maka sunnah untuk disiram dengan air suci, dingin dan disertai bunga mawar. Demikian, semoga bermanfaat. (Muhammad Juriyanto)