Empat Khasiat Surah Al-Quraisy, Yang Pertama Membantu Kamu Move On

Rabu, 19 Juni 2019 hikmah 906 klik
Nur Hasan Teks:Nur Hasan
Faza Grafis:Faza

Surah Al-Quraisy adalah surah yang berada di urutan ke 106 dalam Al-Qur’an. Surah yang berjumlah empat ayat ini, merupakan surah yang tergolong dalam Surah Makkiyah. Surah ini berisi tentang peringatan bagi kaum Quraisy tentang nikmat-nikmat dari Allah Swt yang diberikan kepada mereka. Surah ini mempunyai berbagai khasiat.

Di antara khasiat yang terkandung dalam surah ini, adalah bisa menghilangkan atau menetralkan beban pikiran seseorang. Orang yang membaca Surah Al-Quraisy, akan dihilangkan beban pikirannya oleh Allah Swt, mulai dari kesedihan, was-was dan beban pikiran lainnya.

Khasiat lain yang terdapat dalam surah ini, adalah bisa menyembuhkan orang yang keracunan. Caranya adalah dengan menuliskan lafadz Surah Al-Quraisy pada piring, dengan syarat orang yang menulisnya dalam keadaan suci. Kemudian dikasih air, dan air tersebut diminumkan kepada orang yang sedang keracunan. Dengan izin Allah Swt, air tersebut akan menjadi penawar racun yang sedang menjalar di tubuh.

Selain itu, manfaat membacakan Surah Al-Quraisy adalah bisa mencegah bahaya dalam makanan yang dikhawatirkan akan menimbulkan bahaya. Misalnya makanan yang sudah tidak layak atau makanan yang dikirim untuk menyantet kita, dengan dibacakan Surah Al-Quraisy, Allah Swt akan menjaga kita dari bahaya-bahaya yang dikhawatirkan itu. Caranya adalah dengan membaca Surah Al-Quraisy, kemudian ditiupkan kepada makanannya. Dan setelah membaca Surah Al-Quraisy, dilanjutkan dengan membaca doa ini dibawah ini;

اللهم يا من أمن المخاوف وسد الخائفين ويا واصل المنقطعين والله من ورائهم محيط بل هو قرأن مجيد في لوح محفوظ

Manfaat lain dari membaca Surah Al-Quraisy adalah bisa menghilangkan lapar. Misalnya kita sedang lapar banget, dan ternyata atm ketinggalan, uang hanya pas untuk ongkos pulang. Dengan membaca Surah Al-Quraisy, Insha Allah lapar akan hilang dan menjadi kenyang. Dan ini hanya untuk keadaan darurat, bukan untuk amalan sehari-hari.

Keutamaan lain yang terdapat dalam Surah Al-Quraisy, adalah bisa melihat Rasulullah saw melalui mimpi kita. Sebagaimana dijelaskan dalam kitab Fadhail Suwarin wa Ayat Qur’aniyah karya Muhammad Sa’ad bin Alawy al-Aidrus; Barangsiapa membaca Surah Al-Quraisy di malam Jum’at sebanyak 1000 kali dalam keadaan suci, kemudian tidur. Dengan izin Allah Swt akan bisa melihat Rasulullah saw melalui mimpi dalam tidur tersebut.

Selain itu, mengamalkan untuk membaca Surah Al-Quraisy juga bisa menjaga badan agar tetap sehat, segar dan tidak mudah lemas. Wallahu a’lami. (Nur Hasan)