Zikir Ini Khusus Dibaca Setelah Shalat Jumat

Jumat, 16 November 2018 doa 1117 klik
Juriyanto Teks:Juriyanto
Faza Grafis:Faza

Hari Jumat disebut dengan sayyidul ayyam, penghulu hari-hari lain. Pada hari itu, kita dianjurkan untuk meningkatkan ibadah kepada Allah dengan berzikir terutama setelah selesai shalat Jumat. Sangat tidak baik ketika selesai shalat Jumat kita langsung pergi tanpa berzikir dan berdoa kepada Allah terlebih dahulu.

Terdapat sebuah riwayat yang berisi zikir khusus untuk kita baca setelah selesai shalat Jumat. Riwayat tersebut bersumber dari Sayidah Aisyah;

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ : مَنْ قَرَأَ بَعْدَ صَلاةِ الْجُمُعَةِ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ، وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ، وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَجَارَهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ بِهَا مِنَ السُّوءِ إِلَى الْجُمُعَةِ الأُخْرَى

“Rasulullah Saw. bersabda; ‘Barangsiapa setelah selesai shalat Jumat membaca قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (surah Al-Ikhlas), قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَق (surah Al-Falaq), قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (surah Al-Nas) sebanyak tujuh kali, maka Allah azza wa jalla menjaganya dari keburukan hingga Jumat berikutnya.” (HR. Ibnu Sinni).

Melalui hadis ini, Nabi Saw. menganjurkan setelah shalat Jumat untuk membaca masing-masing tujuah kali surah Al-Ikhlas, surah Al-Falaq, dan surah Al-Nas. Namun dalam riwayat lain, dianjurkan membaca surah Al-Fatihah sebanyak tujuh kali terlebih dahulu sebelum membaca surah-surah tersebut.

Kemudian setelah selesai, maka dianjurkan diakhiri dengan doa berikut;

اَللَّهُمَّ يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ، يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ، يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ، اَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ، وَبِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ

Allahumma Ya Ghaniyyu Ya Hamidu Ya Mubdi-u Ya Mu’idu Ya Rahimu Ya Wadudu, aghnini bi fadhlika ‘amman siwaka wa bi halalika ‘an haramika.

“Ya Allah, Yang Maha Kaya, Yang Maha Terpuji, Yang Maha Memulai, Yang Maha Pengasih, Yang Maha Pecinta, berilah kami kekayaan dengan anugerah-Mu dan jauhkan selain dari diri-Mu, dan dengan apa yang engkau halalkan dan jauh dari apa yang engkau haramkan.”