Inilah Redaksi Salam Saat Ziarah ke Makam Rasulullah SAW.

Jumat, 16 Agustus 2019 doa 66 klik
Juriyanto Teks:Juriyanto
Faza Grafis:Faza

Dalam Islam, kita dianjurkan untuk menziarahi kuburan orang Muslim yang telah meninggal, baik itu orang tua kita, saudara, kerabat atau orang lain. Begitu juga kita dianjurkan untuk menziarahi kuburan Rasulullah terutama ketika kita sedang melaksanakan ibadah haji atau umrah. Para ulama sepakat mengenai kesunnahan menziarahi kuburan Rasulullah Saw.  

Hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Baihaqi dari Abdullah bin Umar, dia berkata bahwa Nabi Saw. bersabda;

مَنْ حَجَّ فَزَارَ قَبْرِيْ فِيْ مَمَاتِيْ كَانَ كَمَنْ زَارَنِيْ فِي حَيَاتِيْ

“Siapa yang menunaikan ibadah haji kemudian menziarahi kuburku setelah aku mati, maka dia seakan menziarahiku ketika aku masih hidup.”

Termasuk perkara yang dianjurkan ketika kita menziarahi kuburan Rasulullah Saw adalah mengucapkan salam kepada Rasulullah Saw dan sahabat yang dikebumikan bersama beliau, khususnya Sayidina Abu Bakar dan Umar. Adapun redaksi salam saat kita menziarahi kuburan Nabi Saw adalah sebagai berikut;

السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ وَرَحْمَة ُاللهِ وَبَرَكاَتُهُ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا أَبَا بَكْرٍ ، السَّلَام ُعَلَيْكَ يَا عُمَرابن الخطاب

Assalamu alaika ya rasulallah wa rohmatullohi wa barokatuhu. Assalamu ‘alaika ya aba bakrin assalamu alaika ya ‘umar.

Keselamatan atas Engkau, wahai Rasulullah, juga rahmat dan keberkahanNya. Keselamatan atas Engkau, wahai Abu Bakr, keselamatan atas Engkau, wahai Umar.

Demikian redaksi salam salam saat ziarah ke makam Rasulullah. Semoga bermanfaat. (Jurianto)