Inilah Doa Saat Melihat Ka’bah

Rabu, 14 Agustus 2019 doa 57 klik
Juriyanto Teks:Juriyanto
Faza Grafis:Faza

Di dalam kitab Al-Azkar, Imam Nawawi mengatakan bahwa ketika seseorang melihat Ka’bah, maka dia sangat dianjurkan untuk memperbanyak berdoa kepada Allah. Disebutkan bahwa diantara doa yang diijabah oleh Allah adalah doa yang dipanjatkan ketika sedang melihat dan memandang Ka’bah secara langsung.

Oleh karena itu, Imam Nawawi menyarankan pada orang yang sedang melihat Ka’bah untuk memperbanyak doa kepada Allah, baik untuk kebaikan dunianya maupun akhiratnya. Selain itu, ketika seseorang melihat Ka’bah, maka dia juga dianjurkan untuk membaca doa khusus berikut;

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً وَزِدْ مَنْ شَرّفَهُ وَكَرّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ وَاعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَتَعْظِيمًا وَبِرًّا

Allohumma zid hadzal baita tasyrifan wa ta‘dziman wa takriman wa mahabatan wa zid man syarafahu wa karamahu mim man hajjahu wa’tamarahu tasyrifan wa takiman wa ta’dzhiman wa birran.

Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, kehormatan, keagungan dan kehebatan pada Baitullah ini dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, menghormati dan mengagungkannya diantara mereka yang berhaji atau yang berumroh padanya dengan kemuliaan, kehormatan, kebesaran dan kebaikan.

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Syafii dalam kitab Musnad-nya, dari Ibnu Juraij, dia berkata;

أنّ النبيّ صلى الله عليه وسلم كان إذا رأى البيت رفع يديه، وقال اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً وَزِدْ مَنْ شَرّفَهُ وَكَرّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ وَاعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَتَعْظِيمًا وَبِرًّا.

Sesungguhnya Nabi Saw ketika melihat Ka’bah, beliau mengangkat tanganya sambil berdoa; ‘Allohumma zid hadzal baita tasyrifan wa ta‘dziman wa takriman wa mahabatan wa zid man syarafahu wa karamahu mim man hajjahu wa’tamarahu tasyrifan wa takiman wa ta’dzhiman wa birran.’

Imam Nawawi menjelaskan dalam kitabnya Al-Azkar bahwa doa di atas dibaca saat seseorang sedang memandang Ka’bah sambil mengangkat kedua tangannya.