Inilah Bacaan Shalawat dan Doa Saat Menyembelih Hewan Kurban

Rabu, 14 Agustus 2019 doa 57 klik
Juriyanto Teks:Juriyanto
Faza Grafis:Faza

Ketika kita hendak berkurban, maka kita dianjurkan untuk menyembelih sendiri.  Namun jika ada halangan sehingga kita tidak bisa menyembelih sendiri, maka boleh sembelihan hewan kurban tersebut diwakilkan kepada orang lain.

Pada saat kita menyembelih hewan kurban, baik milik diri sendiri atau milik orang lain, maka kita disunnahkan untuk membaca shalawat atas Nabi Saw dan berdoa agar ibadah kurban tersebut diterima Allah.

Adapun redaksi shalawat dan doa ketika kita menyembelih hewan kurban milik diri sendiri adalah sebagai berikut;

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْد اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Bismillahirrahmanirrahim, allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa ‘ala ali sayyidina muhammad, allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar, wa lillahil hamd, allahumma hazihi minka wa ilaika fataqobbal minni ya karim.Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Penyayang dan Maha Pengasih, Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kelurganya, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, hanya bagi Allah segala puji, Ya Allah hewan ini adalah nikmat dariMu, dan melalui hewan ini pula mendekatkan diri kepadaMu, Ya Allah terimalah dariku, wahai Yang Maha Pemurah.

Jika menyembelih hewan kurban milik orang lain, maka redaksinya sebagai berikut;

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْد اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنْ فُلَان …….. (sebut nama) يَا كَرِيْمُ.

Bismillahirrahmanirrahim, allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa ‘ala ali sayyidina muhammad, allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar, wa lillahil hamd, allahumma hazihi minka wa ilaika fataqobbal min fulan..(sebut nama) ya karim.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Penyayang dan Maha Pengasih, Ya Allah limpahkanlah salawat kepada Nabi Muhammad dan kelurganya, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, hanya bagi Allah segala puji, Ya Allah hewan ini adalah nikmat dariMu, dan melalui hewan ini pula mendekatkan diri kepadaMu, Ya Allah terimalah dari fulan… (sebut nama), wahai Yang Maha Pemurah. (Jurianto)