Ingin Jadi Golongan Ahli Surga? Bacalah Doa Sayidul Istighfar

Senin, 19 November 2018 doa 563 klik
Mujiburrahman Teks:Mujiburrahman
Faza Grafis:Faza

Istighfar adalah cara agar mendapat ampunan dari Allah atas segala dosa kita. Biasanya, kita membaca “Astagfirullah al-adzim” yang artinya; aku meminta ampun kepada Allah yang maha agung. Lalu adakah bacaan istigfar yang paling utama?

Dalam hadis riwayat al-Bukhari, Nabi SAW bersabda bahwa rajanya istighfar ialah membaca doa berikut ini.

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Ya Allah, engkaulah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain engkau. Engkaulah yang menciptakanku dan aku adalah hambamu, aku akan setia pada perjanjianku terhadapmu semampuku. Aku berlindung kepadamu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmatmu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Maka, ampunilah aku, karena tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali engkau.

Nabi SAW menjelaskan keutamaan membaca doa tersebut, yaitu:

وَمَنْ قَالَهَا مِنْ النَّهَارِ مُوقِنًا بِهَا فَمَاتَ مِنْ يَوْمِهِ قَبْلَ أَنْ يُمْسِيَ فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَمَنْ قَالَهَا مِنْ اللَّيْلِ وَهُوَ مُوقِنٌ بِهَا فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ

Barangsiapa yang membaca doa ini di siang hari dengan penuh keyakinan, kemudian ia mati menjelang sore, maka ia tergolong ahli surga. Dan barangsiapa yang membacanya di malam hari dengan penuh keyakinan, kemudian ia mati menjelang subuh, maka ia tergolong ahli surga. (HR Al-Bukhari).

Demikianlah penjelasan tentang rajanya bacaan istighfar berikut keutamaannya. Semoga bermanfaat. (Mujiburrahman)