Doa yang Diucapkan Nabi Saat Memasuki atau Melewati Kuburan

Kamis, 11 Oktober 2018 doa 2761 klik
Mujiburrahman Teks:Mujiburrahman
Faza Grafis:Faza

Ketika memasuki atau melewati kuburan, kita dianjurkan untuk berdoa. Selain sebagai bentuk penghormatan kepada orang yang sudah mati, hal ini juga untuk mengingatkan diri kita bahwa kelak kita akan menyusul mereka. Adapun doa yang diajarkan Nabi saw. ketika memasuki kuburan yaitu sebagaimana yang diriwayatkan imam Muslim.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُهُمْ إِذَا خَرَجُوا إِلَى الْمَقَابِرِ (السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنْ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللَّهَ لَنَا وَلَكُمْ الْعَافِيَةَ)

Nabi saw. mengajarkan mereka (para sahabat), apabila memasuki area kuburan agar berdoa: “Salam sejahtera atas kamu sekalian wahai penduduk kuburan kaum mukminin dan Muslimin. Dan jika Allah menghendaki, kami akan menyusulmu. Kami memohon kepada Allah untuk kami dan untuk kamu sekalian agar sejahtera.”.(HR. Muslim).  

Menurut al-Shan’ani, riwayat di atas merupakan dalil tentang anjuran ziarah kubur dan mendoakan orang-orang mati. Sedangkan apabila hanya sekadar melewati kuburan, Nabi saw. mengajarkan doa berikut.

مَرَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقُبُورِ الْمَدِينَةِ فَأَقْبَلَ عَلَيْهِمْ بِوَجْهِهِ ، فَقَالَ : السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يَا أَهْلَ القُبُورِ ، يَغْفِرُ اللَّهُ لَنَا وَلَكُمْ ، أَنْتُمْ سَلَفُنَا ، وَنَحْنُ بِالأَثَرِ.

Nabi saw. melewati kuburan di Madinah, kemudian beliau memalingkan wajahnya (ke arah kuburan), dan berdoa: “Salam sejahtera atas kamu sekalian wahai penghuni kubur. Semoga Allah mengampuni kami dan kamu sekalian. Kamu mendahului kami dan kamipun akan menyusul.” (HR. Al-Tirmidzi).  

Demikianlah doa yang diajarkan Nabi saw. saat memasuki atau melewati kuburan. Semoga bermanfaat. (Mujiburrahman)