Doa Tiap Selesai Membaca Atau Menghatamkan al-Qur’an

Senin, 7 Januari 2019 doa 294 klik
Hilmy Firdausy Teks:Hilmy Firdausy
Faza Grafis:Faza

Membaca al-Qur’an adalah ibadah yang memiliki buah pahala yang sangat besar. Keutamaan membaca al-Qur’an dan menghatamkannya disampaikan langsung oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Banyak sekali ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi yang menyuguhkan hal itu. Fadilah membaca al-Qur’an tentu saja tidak perlu diragukan lagi.

Al-Qur’an juga menjadi media yang sangat tepat bagi terkabulnya doa-doa kita. Maka Nabi Muhammad SAW mengajarkan ummatnya untuk senantiasa berdoa setiap selesai membaca dan menghatamkan al-Qur’an. Berikut adalah doa paling ringkas dan paling masyhur dibaca oleh umat Islam setiap selesai membaca dan menghatamkan al-Qur’an;

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيت وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْت وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allahummar-hamni bil-Qur’an waj’alhu li imama-w-wa nura-w-wa huda-w-wa rahmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nusitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu wa-r-zuqni tilawatahu ana’al-layli wan nahar waj’alhu li hujjatay ya rabbal alamin..

Ya Allah sayangilah aku sebab al-Qur’an, jadikanlah al-Qur’an sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk dan rahmat bagiku. Ya Allah ingatkanlah aku kala aku lupa dan ajarilah aku kala aku bodoh. Berilah aku rejeki berupa kemampuan untuk membacanya di kala siang dan malam hari. Jadikan al-Qur’an sebagai hujjah-ku [kelak di hari Kiamat] wahai Tuhan yang mengatur alam semesta.

Itulah doa singkat setelah membaca dan menghatamkan al-Qur’an.