Doa Ketika Matahari Terbenam

Sabtu, 19 Oktober 2019 doa 264 klik
M. Khoirul Huda Teks:M. Khoirul Huda
Faza Grafis:Faza

Senja merupakan peristiwa alamiah sehari-hari yang kita temui berkat hukum Allah yang menjadikan pergantian malam dan siang. Jika pertemuan antara malam dan siang ditandai dengan fajar, maka pergantian siang ke malam ditandai dengan senja atau sore hari. Saat di mana matahari mulai terbenam di ufuk barat. 

Bagi sebagian kalangan, seperti beberapa seniman dan sastrawan, lalu belakangan ada juga sekelompok muda yang akrab dengan sebutan "anak indie" alias "anak senja", terbenamnya matahari menjadi saat yang penuh rasa, makna, kadang dramatis. 

Senja memang sering diwarnai dengan aneka keindahan seperti pesta warnanya mega-mega di langit. Di sisi lain, senja juga identik dengan kesuraman, perpisahan, dan terbukanya pintu dunia lain yang gelap berupa malam. 

Segala peristiwa alam, tak terkecuali terbenamnya matahari, bagi seorang Muslim mesti dijadikan renungan akan keagungan Allah. Karena itu, sangat dianjurkan diisi dengan perbuatan yang bernilai ibadah, di antaranya dengan membaca doa di atas.