Doa Ketika Berada di Rest Area


Singgah sejenak di sebuah tempat atau rest area memang dibutuhkan untuk sekedar istirahat dan melemaskan otot-otot. Apalagi bagi kalian yang akan menempuh perjalanan yang cukup jauh. Nabi Muhammad juga sering singgah di sebuah tempat ketika bepergian. Dan beliau biasanya membaca sebuah doa, yang bisa juga kamu baca sambal selonjoran dan minum kopi.

Diriwayatkan dari Sahabat Khaulah binti Hakim:

عن خولة بنتِ حَكِيمٍ رضي الله عنها قالت سَمِعْتُ رسولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ مَنْ نَزَلَ مَنْزِلاً ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ. رواه مسلم .

Aku mendengar Rasulullah bersabda, barangsiapa yang tiba di sebuah persinggahan kemudian berdoa ‘A’udzubika bikalimati-llahit taammati min syarri ma khalaq’, maka tidak akan ada yang membahayakannya sampai ia berangkat dari persinggahan tersebut.”

Dalam sebuah perjalanan seringkali kita singgah di sebuah tempat sekedar untuk beristirahat atau melakukan hal lainnya. Hari ini kita mengenal rest area atau area peristirahatan. Yaitu sebuah komplek yang berisi SPBU, toko-toko makanan, tempat shalat atau bahkan toko oleh-oleh dan aksesoris. Hampir bisa dipastikan, setiap pengendara yang melewati puluhan hingga ratusan kilometer jalan tol, akan memanfaatkan rest area tersebut sebagai persinggahan sejenak.

Tak jarang juga kita singgah di sebuah tempat di tengah perjalanan yang kita lakukan, sekedar hanya untuk mengunjungi saudara ataupun kawan lama kita. Singgah-menyinggah dalam sebuah perjalanan adalah hal yang lumrah terjadi, baik di tengah perjalanan berangkat menuju kota tujuan, maupun di tengah perjalanan pula menuju kampung halaman.

Nabi Muhammad saw mengajarkan sebuah doa kepada ummatnya yang tengah melakukan perjalanan lalu singgah di sebuah tempat;

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari segala keburukan makhluk.”

Menurut Nabi Muhammad, barang siapa yang membaca doa ini, dia akan diselamatkan oleh Allah swt dari segala marabahaya yang akan menimpanya sampai dia beranjak dari tempat tersebut untuk melanjutkan perjalanan pergi/pulang.()