Doa Ini Dibaca pada Malam dan Hari Jumat

Kamis, 25 Oktober 2018 doa 1397 klik
Juriyanto Teks:Juriyanto
Vanny Rosa Grafis:Vanny Rosa

Selain dianjurkan memperbanyak membaca shalawat dan salam kepada Nabi Saw. pada malam dan hari Jumat, kita juga dianjurkan memperbanyak membaca zikir dan doa kepada Allah. Terutama zikir dan doa yang diajarkan langsung oleh Nabi Saw.

Di antara yang diajarkan Nabi Saw. untuk dibaca pada malam dan hari Jumat adalah doa berikut;

اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبّي لاَ اِلَهَ إلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِي وَاَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ اَمَتِكَ وَفِي قَبْضَتِكَ وَنَاصِيَتِي بِيَدِكَ اَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْـتَطَعْتُ اَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ شَـرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ وَاَبُوءُ بِذُنُوبِى فَاغْفِرْ لِى ذُنُوبِى اِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلاَّ اَنْتَ .

Allahumma anta robbi la ilaha illa anta kholaqtani wa ana ‘abduka wabnu amatika wafi qobdhotika wa nashiyati biyadika amsaitu ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu a’uzu biridhoka min syarri ma shona’tu abu-u bini’matika wa abu-u bizunubi faghfirli zunubi innahu la yaghfiruz zunuba illa anta

“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku tiada Tuhan kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu dan berada dalam genggaman-Mu dan nasibku berada di tangan-Mu. Aku memasuki petang ini atas perjanjian kepada-Mu sesuai dengan kemampuanku, aku berlindung dengan ridha-Mu dari keburukan perbuatanku, aku kembali kepada-Mu dengan nikmat-Mu dan aku kembali kepada-Mu dengan membawa dosa-dosaku, maka ampuni dosa-dosaku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.

Disebutkan dalam kitab Al-Jami’us Shaghir, Imam Al-Suyuthi menyebutkan sebuah riwayat yang bersumber dari Anas bin Malik, Nabi Saw. bersabda bahwa orang yang membaca doa di atas sebanyak tujuh kali pada malam dan hari Jumat, kemudian ia meninggal, maka dia akan masuk surga. (Jurianto)