Di Tengah Jalan Ketemu Preman? Coba Baca Doa Ini!


Diriwayatkan dari Sahabat Abu Musa al-Asy’ari:

عن أَبي موسى الأشعريِّ رضي الله عنه أنَّ رسولَ الله صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا خَافَ قَوْماً قَالَ اللَّهُمَّ إنَّا نَجْعَلُكَ في نُحُورِهِمْ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شُرُورِهِمْ. رواه أَبُو داود والنسائي بإسنادٍ صحيحٍ.

Sesungguhnya Nabi Muhammad saw jika takut terhadap suatu kaum, beliau akan berdoaAllahumma inna naj’aluka fi nuhurihim, wa na’udzubika min syururihim’.”

Adakalanya ketika kita tengah dalam suatu perjalanan, kita menemukan banyak hal yang tidak kita inginkan. Oleh karena itu, kata Nabi, salah satu jenis doa yang cepat dikabulkan adalah doanya musafir. Mengapa begitu? Karena dalam sebuah safar atau perjalanan banyak sekali ujian dan tantangan yang akan dihadapi seseorang.

Kesusahan, jauh dari keluarga, kekurangan bekal dan tantangan lainnya seringkali dihadapi seorang musafir dalam perjalanannya. Salah satu cobaan dan tantangan yang seringkali ditemukan dalam perjalanan adalah begal, preman, rampok dan kelompok-kelompok penjahat lainnya. Di dalam bis, kereta api dan tempat-tempat pemberangkatan angkutan umum banyak kita temukan misalnya kasus-kasus pencurian, perampokan dan pembegalan.

Di masa Nabi, hal tersebut juga dialami oleh para musafir, termasuk Nabi Muhammad saw sendiri. Nah, bagaimana Nabi mengatasi hal tersebut? Nabi membaca doa ini;

اللَّهُمَّ إنَّا نَجْعَلُكَ في نُحُورِهِمْ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شُرُورِهِمْ

Ya Allah, sesungguhnya kami menjadikan-Mu [ada dan berkuasa] dalam dada-dada mereka. Dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan-kejahatan mereka.”

Jika kalian mengalami hal serupa; ketemu preman, begal atau rampok di tengah jalan, coba baca doa di atas dan mohonlah lindungan kepada Allah swt.