Apakah Malaikat Berjenis Kelamin?

Kamis, 13 Desember 2018 diskusi 1129 klik
Mujiburrahman Teks:Mujiburrahman
Faza Grafis:Faza

Malaikat adalah makhluk mulia ciptaan Allah. Syaikh Ali Muhammad Mu’awwad dan Syaikh Adil Ahmad al-Maujud dalam Muqaddimah tahqiq atas kitab al-Isti’ab fi Ma’rifah al-Ashhab karya Ibn Abdul Bar al-Qurthubi mendefinisikan bahwa malaikat ialah makhluk yang tercipta dari cahaya yang mampu berubah wujud dan menampakan diri dengan berbagai macam bentuk. Mereka selalu menaati perintah Allah semisal menyampaikan wahyu sebagaimana yang dilakukan Jibril kepada Nabi SAW. Namun demikian, boleh jadi di antara kita ada yang bertanya, apakah malaikat berjenis kelamin? Apakah ia laki-laki, perempuan, ataukah banci?     

Terkait hal ini, Syekh Ali Muhammad Mu’awwad dan Syekh Adil Ahmad al-Maujud mengatakan,

والملائكة لايوصفون بذكورة ولا بأنوثة ولا يتوالدون. فمن وصفهم بذكورة فسق ومن وصفهم بأنوثة او بخنوثة كفر

Malaikat itu tidak berjenis kelamin laki-laki, perempuan dan tidak pula beranak pinak. Maka barangsiapa yang meyakini bahwa malaikat itu berjenis kelamin laki-laki, maka ia telah fasiq. Sedangkan barangsiapa yang meyakini bahwa malaikat itu berjenis kelamin perempuan atau banci, maka ia telah kafir.

Pernyataan kedua ulama di atas juga senada dengan apa yang dikatakan Syekh Nawawi al-Bantani dalam kitab Qathrul Ghaits bahwa malaikat tidak berjenis kelamin. Ia berkata:

فمن اعتقد بذكورتهم الملائكة فهو فاسق. ومن اعتقد بأنوثة أبخنوثتهم الملائكة فهو كافر

Barangsiapa yang meyakini bahwa malaikat itu berjenis kelamin laki-laki, maka ia telah fasiq. Sedangkan barangsiapa yang meyakini bahwa malaikat itu berjenis kelamin perempuan atau banci, maka ia telah kafir.

Berdasarkan keterangan di atas, dapat dipahami bahwa malaikat itu tidak berjenis kelamin. Bahkan orang yang meyakini bahwa malaikat berjenis kelamin perempuan atau banci, maka ia telah kafir. Semoga bermanfaat. (Mujiburrahman)