Kitab Ilmu Tafsir Asli Cianjur

Kamis, 9 Januari 2020 dakwah 141 klik
Hilmy Firdausy Teks:Hilmy Firdausy
Faza Grafis:Faza

Ulama-ulama Nusantara tak henti-hentinya berkarya dan mewarnai jagad keilmuan dalam khazanah Islam. Salah satu dari sekian banyak kitab ilmu tafsir yang patut diapresiasi, adalah kitab yang dikarang oleh salah seorang ulama asal Cianjur berikut ini:

Nama kitabnya adalah المفتاح على تحرير أصول التفسير (al-Miftah ‘ala Tahrir Ushul al-Tafsir)

Kitab tersebut ditulis oleh Miftah Ibn Ma’mun al-Syianjury, seorang ulama asal cianjur. Kitab ini merupakan sajian materi ulumul quran yang sangat ringkas kurang dari 20 halaman. Secara garis besar penulis hanya memuat empat bagian mulai dari masalah yang berkaitan dengan turunnya Alquran, masalah berkaitan dengan sanad dari ayat Alquran, masalah berkain dengan lafaz dan masalah berkaitan dengan makna, ditutup dengan pembahasan sekilas tentang tafsir.

Materi pembahasan hanya memuat poin paling pentingnya saja seperti definisi, klasifikasi dan contohnya saja. Beberapa materi malah terkesan sangat ringkas, misalnya pembahasan tentang ayat layly dan nahary hanya berisi penjelasan bahwa layly adalah ayat yang turun pada malam hari, sedangkan nahary adalah ayat yang turun pada siang hari. Kebanyakan ayat Alquran turun pada siang hari.

Sajian materi yang teramat singkat barangkali dapat menjadikan kitab ini seperti pengenalan materi untuk orang yang benar-benar baru pertama kali mempelajari Ulumul Quraan. Atau dengan kata lain dapat juga dikatakan bahwa kitab ini tak ubahnya seperti merangkum keseluruhan materi ulumul Quraan agar selesai dibaca sekali duduk. Miftah Ibn Ma’mun al-Syianjury sendiri juga memiliki karya tulis dengan format serupa dalam bidang ilmu hadis dan ilmu nahwu. Artinya beliau memang memiliki keahlian dalam merangkum materi sebuah cabang keilmuan.

e-Book Kitab al-Miftah ‘ala Tahrir Ushul al-Tafsir